Curah Hujan Naik, BMKG Ingatkan Daerah Langganan Banjir di Sulteng

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mutiara Sis Al-Jufri Palu Kelas II, menyebutkan ada sejumlah daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang harus waspada mengalami longsor dan banjir akibat intensitas hujan yang sangat tinggi sepekan kedepan.

Prakirawan cuaca BMKG Palu, Moh. Fathan, mengatakan daerah yang harus mewaspadai terjadinya longsor dan banjir daerah tersebut seperti Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Poso, Morowali Utara dan juga Banggai.

“Saat ini kita memang sudah mulai memasuki musim hujuan jadi pada masa peralihan ini potensi-potensi pertumbuhan awan hujann lebih tinggi dari biasanya dan untuk wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan disertai dengan petir dan angin kencang yang mana itu biasa terjadi dari siang hingga malam hari. Dan untuk wilayah yang disebutkan tadi harap waspada terkait potensi cuaca buruk yang bisa menyebabkan bencana seperti banjir dan longsor,” terang Moh. Fathan, Senin (25/01/2021).

Ia juga menjelaskan, bahwa pada tahun 2021 untuk Kota Palu curah hujan lebih tinggi akan terjadi lagi pada bulan Mei hingga Juni 2021 dan kemudian terjadi lagi akhir tahun.

Untuk itu, BMKG menghimbau mengenai potensi cuaca buruk yang selama sepekan kedepan, kepada masyarakat yang berada di wilayah-wilayah yang punya memiliki historis banjir atau langganan abnjir untuk lebih waspada.

“Untuk masyarakat di daerah yang memiliki historis banjir agar lebih meningkatkan kewaspada pada saat beraktivitas diluar ataupun saat beristirahat di rumah dan harap selalu lebih memperhatikan cuaca dan alam-alam sekitar serta selalu mamantau info-info dari BMKG,” tuturnya.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait