Polisi Bubarkan Kerumunan Pemuda di Tolai Saat Malam Tahun Baru

  • Whatsapp

Parimo,- Meski telah ada Surat Edaran (SE) oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) mengenai larangan kerumunan massa dalam menyambut tahun baru 2021. Namun, masih saja ada sebagian orang yang tidak mengindahkan larangan tersebut.

Seperti halnya di Desa Tolai, Kecamatan Torue Kamis (31/12/2020) malam. Terdapat beberapa kelompok pemuda yang berkumpul di pinggir jalan dan tidak menerapkan Protokol Kesehatan baik menjaga jarak ataupun memakai masker.

Salah satunya, Feri Ariana. Remaja berumur 16 tahun itu mengaku sedang berkumpul bersama anggota club motor di pinggir jalan dengan tujuan untuk merayakan malam pelepasan tahun bersama. Dalam perkumpulan tersebut sebagian dari anggota club motor itu terlihat ada yang tidak mengenakan masker.

“Saya disini dan teman-teman saya kumpul untuk merayakan tahun baru bersama. Kalau untuk surat yang melarang untuk tidak merayakan pelepasan tahun saya tidak tau akan hal itu, saya juga tidak setuju dengan larang yang seperti itu karena tahun baru ini satu tahun satu kali jadi rugi kalau tidak di rayakan,” tuturnya.

Kapolsek Torue, IPDA Adhitya Meideski, ST mengatakan, bahwa ada banyak warga yang melanggar protokol kesehatan Covid-19 saat Kepolisian menggelar patroli. Selain pemuda yang berkumpul di pinggir jalan tanpa kenakan masker, beberapa pedagang di Desa Tolai juga sama masih ada yang masih melanggar protokol kesehatan. Bahkan saat ditemui terlihat kondisi tokonya sangat berdesak-desakan dengan pembeli dan abai akan aturan jaga jarak.

“Bisa di bilang masyarakatnya sendiri belum begitu paham dan mampu mematuhi protokol kesehatan. Contohnya tadi ada sebuah toko dimana toko tersebut rame akan pembeli namun sayangnya protokolnya tidak diterapkan. Bahkan sang pemilik toko sendiri tidak memakai masker, kemudian kami memerintahkan agar pemilik toko segera menggunakan maskernya,” ujar IPDA Adhitya.

Dari pantauan tim kailipost.com, sejumlah cafe yang ada di Desa Tolai sangat dipenuhi oleh pengunjung, bahkan sepanjang jalan raya pun dijadikan sebagai tempat berkumpul para pemuda, hingga mereka dibubarkan oleh tim patroli dari Kapolsek Torue bersama TNI dan Satpol PP.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait