Siap-Siap!! 10 Kabupaten di Sulteng akan Vaksinasi Perdana Bulan Depan

  • Whatsapp
Foto: Yohanes Clemens/kailipost.com
banner 728x90

Palu,- Vaksin termin kedua segera dimulai setelah 28.240 dosis Vaksin Sinovac untuk penanganan virus Covid-19 tahap 1 termin 2 telah tiba di bandara Mutiara Sis Aljufrie, Kota Palu, pada Sabtu (23/01/2021) kemarin pukul 15.15 WITA.

Melalui pengelola Program Imunisasi, Okta mengatakan, bahwa vaksin tersebut rencananya akan disuntikan pada bulan Februari 2021.

“Untuk tahap 1 termin 2, itu rencananya akan dilaksanakan di bulan Februari 2021 dengan total Vaksin yang berjumlah 28.240 dosis yang terbagi pada 10 Kabupaten di Sulawesi Tengah. Karena sebelumnya di tahap 1 termin satu hanya di fokuskan ke 3 kabupaten saja,” ujar Okta, Selasa (26/01/2021).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa vaksin tersebut diberikan ke-10 Kabupaten di luar 3 Kabupaten/Kota yakni Poso, Donggala dan Palu dimana sebelumnya ketiga daerah ini sudah lebih dahulu menerima Vaksin Sinovac.

Dalam pemberian vaksin tahap 1 termin 2 ini juga, sebut Okta, masih akan difokuskan kepada para tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan Pandemi Covid-19.

“Jadi fokusnya itu dari tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan tenaga penunjang lainnya. Sementara itu untuk TNI/POLRI sebenarnya mereka masuk tahap 2, hanya kerena di Provinsi kemarin ada pencanangan jadi arahan dari pusat. Untuk penjabat yang ada di daerah itu harus di vaksinasi terlebih dahulu, makannya kami ambil dari Kapolda, Wakapolda, dan Petinggi TNI di Sulteng,” jelasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum dapat menentukan berapa banyak total vaksin yang akan diberikan ke 10 kabupaten tersebut dan berapa jumlah tenaga medis yang akan di vaksin.

“Sebab hal ini masih akan di koordinasikan terlebih dahulu di tiap-tiap kabupaten,” tuturnya.***

Reporter: Windy Kartika

Berita terkait