ICU Covid-19 RS Madani Penuh, Pasien Rujukan dari Poso dan Pasangkayu Terpaksa Ditolak

  • Whatsapp
rumah sakit madani

Palu,- Over load atau kelebihan kapasitas pada ruangan Instensif Care Unit (ICU) khusus pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Palu, membuat pihak RS terpaksa menolak pasien rujukan dari Kabupaten Poso dan Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat.

“Kemarin, ada pasien rujukan dari Poso dan Pasangkayu. Tapi kami tolak, karena ruangan ICU kami sudah super over load,” ungkap Direktur RSUD Madani Palu, dr. Nirwansyah Parampasi melalui via WhatsApp, Rabu (10/02/2021).

Ia mengungkapkan, ruangan ICU tersebut, hanya diperuntukan bagi pasien Covid-19 yang mengalami Pneumonia berat atau gangguan pernafasan akut dan saat ini hanya tersedia 5 kamar perawatan saja.

“Tempat tidur untuk pasien Covid-19 di ICU Madani, sebenarnya hanya bisa menampung 3 orang pasien saja. Namun karena force major, ditambah maksimal 2 ranjang,” ujarnya.

Olehnya, beberapa orang pasien Pneumonia berat yang berasal dari Kabupaten Poso dan Pasangkayu, dengan sangat terpaksa ditolak oleh RSUD Madani, karena ruang ICU mengalami kelebihan kapasitas.

Namun, untuk ruangan perawatan pasien Covid-19 di RSUD Madani Palu, belum mengalami over load. Total pasien yang dirawat saat ini sebut dr. Nirwansyah Parampasi, berjumlah 81 orang. Sementara, kapasitas tempat tidur yang disediakan, sebanyak 100 unit.

“Total pasien Covid yang dirawat di Madani hingga saat ini, berjumlah 81 orang. Belum over load. Karena kapasitas tempat tidur yang kami siapkan, sebanyak 100 unit,” sebutnya.***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait