Muhammadiyah Berduka Nadjamudin Ramly Wafat: Sosok Pemikir Lingkungan

  • Whatsapp
banner 728x90

YOGYAKARTA,- Dr Nadjamudin Ramly, kader Muhammadiyah yang juga Mantan Wakil Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) meninggal dunia pada Sabtu (20/02/2021) di Bandung, Jawa Barat. Muhammadiyah mengaku kehilangan sosok yang dikenal mudah bergaul itu.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam pernyataannya pun menyampaikan duka yang begitu mendalam.

“Muhammadiyah kehilangan kader yang militan serta memiliki pemikiran dan pergaulan yang luas,” kata Haedar Sabtu (20/02/2021) dalam website resmi Muhammadiyah.

Dr Nadjamudin sendiri pernah aktif di Pemuda Muhammadiyah, dan terakhir menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Menurut Haedar, almarhum yang aktif sebagai dosen Universitas Tadulako ini juga terkenal dalam pemikiran dan gagasannya mengenai lingkungan.

“Salah satu buku yang ditulis almarhum yakni Pariwisata Berbasis Lingkungan. Dari almarhum seharusnya generasi muda Muhammadiyah belajar bagaimana mencintai dan memanfaatkan lingkungan, dan tidak merusaknya,” ungkap Haedar.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengungkapkan, kepada keluarga yang ditinggal agar tetap tabah dan ikhlas. Ditinggal orang-orang terdekat, kata dia, secara manusiawi selalu membuat kehilangan dan kesedihan. Tetapi Allah menentukan garis ajal setiap insan.

“Hak manusia selaku hamba Allah ialah ikhtiar, tawakal, sabar, dan do’a yang juga diperintahkan-Nya,” ujarnya.

“Selamat jalan Dr Nadjamudin menuju keharibaan Allah, semoga almarhum diterima di sisi-Nya. Semuanya berasal dari Allah dan kembali kepada-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan kekuatan iman,” tutup Haedar.***

Editor: Indra Setiawan

Berita terkait