Gempa Kuat M 7,2 Guncang Jepang, Sempat Picu Tsunami

JEPANG,- Gempa bumi kuat bermagnitudo (M) 7,2 menggetarkan negeri Sakura Jepang. Pusat gempa diketahui berada di laut akibat adanya aktivitas seismik sesar.

Informasi yang dikutip dari USGS, menginformasikan gempa terjadi pada Sabtu (20/03/2021) sekitar pukul 17:09 waktu Indonesia Tengah dan pukul 18.09 waktu Jepang. Gempa yang berpusat di Miyagi itu sempat memicu gelombang tsunami.

Namun, hingga kini belum diketahui pasti dampak gempa yang terjadi sekitar 30 detik dan gelombang tsunami yang sempat terjadi di wilayah pesisir.

Berdasarkan laporan USGS, gempa tersebut berada di kedalaman 54 km, pada koordinat 38.475 Lintang Utara (LU) dan 141.607 Bujur Timur (BT). Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam kategori gempa dangkal karena kedalamannya berada kurang dari 70 km dari permukaan bumi.

Masyarakat Jepang dihimbau untuk tetap tenang dan waspada, mengingat gempa yang dirasakan hingga skala IX MMI tersebut telah terjadi aftershock atau gempa susulan sebanyak 5 kali.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait