H-1 Puasa, Daging Ayam dan Sapi Naik di Masomba Palu

Penjual daging ayam di pasar tradisional Masomba Palu, Sulawesi Tengah mengaku daging ayam naik. Foto: Windy/kailipost

Palu,- Senin, 12 April 2021 H -1 Ramadhan 1442 hijriyah harga daging ayam dan sapi naik di pasar tradisional Pasar Masomba Palu Selatan Kota Palu.

Fira(43) seorang pedagang daging ayam menjelaskan, sebelumnya harga daging ayam kisaran Rp18-20 ribu perkilogram. Namun sudah masuk sepekan ini harga daging ayam mengalami lonjakan harga menjadi Rp26 ribu perkilogram.

“Menjelang bulan puasa harga ayam potong dan Ras naik, harga ayam potong 65 ribu perkilo harganya itu tergantung dari perusahaan harga sebelumnya harga normalnya itu 18-20 ribu perkilo sekarang itu 26 ribu Perkilo sedangkan ayam ras itu sebelumnya 50 ribu sekarang naik 55 ribu per ekor,’’ ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada saat bulan ramadhan permintaan daging ayam kian meningkat, dalam sehari saja Fira bisa menjual daging ayam potong sebanyak 1000 ekor perhari.

Namun pada hari-hari biasa ia hanya memotong sebanyak 100-200 ayam perharinya. ‘’Kalau puasa permintaan naik drastis, tapi memang kalau puasa begini harga naik karna dari pengepul ayam juga naik. Jadi setiap hari pasti harga akan terus naik, misalkan hari ini satu ekor Rp 65 ribu besok bisa jadi Rp 66 ribu. Jadi akan begitu terus sampai nanti hari raya. ***

Reportase : Windy Kartika Zahra

Berita terkait