Jenuh FIFA & UEFA? 12 Tim Raksasa Eropa Gelar Liga Sendiri…

  • Whatsapp
foto : pixabay
banner 728x90

Kailipost, Dunia Sepak bola kembali dihebohkan pasalnya 12 klub raksasa benua Eropa membuat Liga baru dengan titel European Super League atau Liga Super Eropa.

Mereka adalah, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Juventus, Inter Milan, AC Milan, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Gagasan ini dibuat agar meningkatkan kualitas dan intensitas kompetisi Eropa di sepanjang musim. Namun ada yang menanggapi gagasan ini bertujuan untuk kepentingan tertentu.

Uniknya penolakan keras terhadap Liga ini adalah FIFA dan UEFA, bahkan UEFA akan mengancam pihak-pihak yang ikut andil dalam Liga Super Eropa.

Tidak hanya ancaman untuk klub yang berpartisipasi saja, namun UEFA juga akan memberikan sanksi terhadap pemain yang ikut dalam kompetisi tersebut, bahkan pemain tidak akan diikutsertakan membela timnasnya masing-masing di Piala Dunia.

Rumor menjelaskan, kedua belas klub raksasa tersebut merasa dirugikan dengan adanya kompetisi dari UEFA, pasalnya besaran uang hadiah selalu tidak maksimal untuk tim yang juara, mengakibatkan dampak dari pendapatan klub tersebut.

Liga Super Eropa akan diikuti 20 klub dalam format liga (kandang-tandang), terdiri dari 12 klub pendiri dan sisanya dari akan bergabung segera.

Kompetisi ini akan dimulai pada bulan Agustus dan berakhir di bulan Mei, rumor menjelaskan Bank JP Morgan akan memberikan dana investasi sebesar Rp.87 Triliun, agar liga tersebut bisa berjalan.

Sementara untuk tim yang hanya berpartisipasi saja akan membawa pulang uang sebesar Rp5,8 Triliun. ***

Reportase: Zein

Berita terkait