Rayakan Galungan Bertepatan Ramadhan, Waktu yang Tepat Belajar Toleransi

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Ribuan Umat Hindu bersembahyang saat Hari Raya Galungan di Pura Agung Wana Kertha Jagatnatha Jl. Jabal Nur, Talise, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Rabu (14/04/2021).

Perayaan Hari Raya Galungan yang merupakan hari kemenangan kebenaran (Dharma) atas kejahatan (Adharma) tersebut diikuti umat Hindu di Kota Palu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran manta rantai Covid-19.

Drs. I Nengah Wandra, M.Si selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mengatakan, persembahyangan tetap di lakukan dengan tetap,menerapkan protokol kesehatan. Pengurus Pura telah menyiapkan 20 tempat cuci tangan.

“Seperti yang sudah di lihat sekarang, semua Umat sedharma di sini pakai masker tadi juga sudah cuci tangan. Jadi kita tetap melakukan persembahyangan dengan tetap mengindahkan ajuran protokol dari pemerintah.

Ia juga mengatakan perayaan galungan di tengah pandemi di katakan memberikan warna baru, di mana galungan sebelumnya lebih banyak umat hindu yang datang ke Pura di bandingkan dengan hari ini.

Bukan hanya itu perayaan galungan tahun ini sangat bertepatan dengan pelaksaan puasa untuk umat muslim. Ia mengatakan momen seperti ini adalah waktu yang tepat untuk kita belajar toleransi dan lebih saling menghargai satu sama lain.

“Kebutulan hari raya galungan saat ini bertepatan dengan umat muslim puasa, jadi saya fikir kita akan lebih bisa saling menghargai dan lebih paham soal toleransi. Karena kita sedang sama-sama merayakan hari besar kita.***

Reporter: Windy Kartika Zahra

Pos terkait