Wagub Buka Pelatihan Pengawas Angkatan III

  • Whatsapp
Sumber/foto: biro administrasi

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Dg Palabbi SH MH didampingi Kepala BPSDM Sulawesi Tengah, Dra. Novalina MM serta Sekretaris BKD Hj. Neng Elly, SH, secara resmi membuka Pelatihan Pengawas Angkatan III secara virtual, bertempat di Ruang Vidcom Kantor Gubernur Sulteng, Sabtu, 24 April 2021.

Wakil Gubernur Sulteng Dr H Rusli Dg Palabbi SH MH mengawali sambutannya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BPSDM Sulteng atas terselenggaranya pelatihan kepemimpinan pengawas secara virtual sekaligus mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim.

Pelatihan kepemimpinan pengawas dalam masa new normal Menurut Wakil Gubernur telah mengalami beberapa perubahan yang telah didesain sedemikian rupa oleh lembaga administrasi negara sebagai pembina lembaga pelatihan yang ada di daerah guna mencari desain pembelajaran yang dinamis dan responsif sehingga dapat diterima dengan baik oleh para peserta pelatihan dan juga sebagai wujud kesiapan menghadapi era industri 4.0

Perubahan-perubahan tersebut menjadi tak terhindarkan ketika dunia harus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman, oleh karena itu diperlukan pejabat pengawas yang dapat mengikuti perkembangan zaman sehingga cepat atau lambatnya peningkatan pelayanan dari organisasi akan ditentukan oleh kualitas pejabat pengawas. Untuk itu dibutuhkan sosok pemimpin dengan menggunakan gaya kepemimpinan baru yang memiliki semangat belajar yang tinggi.

Pelatihan kepemimpinan pengawas lanjut Wakil Gubernur diharapkan bukan hanya sekedar dilakukan karena kewajiban untuk memenuhi persyaratan administrasi atau formalitas belaka, akan tetapi diharapkan dengan selesainya pelatihan dapat memberikan perubahan sikap dalam memimpin bawahannya sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan organisasi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat mencetak kepemimpinan yang memiliki kompetensi kepemimpinan, agar mampu dalam mengendalikan kegiatan pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan oleh pejabat pelaksana sesuai dengan standar operasional prosedur serta mengimplementasikan aksi perubahannya di kondisi new normal seperti saat ini, yang merupakan tantangan untuk menunjukkan kepemimpinan dalam organisasi,” papar Wakil Gubernur.

Diharapkan, ilmu yang diperoleh kiranya diaktualisasikan sesuai dengan bidang tugas dan potensi sumber daya secara internal dan eksternal dalam peningkatan pelayanan organisasi serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Saya berharap dari hasil pelatihan ini, akan timbul suatu inovasi dan aksi perubahan yang saudara rancang yang dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan daerah provinsi Sulawesi Tengah. Buktikanlah bahwa anda memang pantas menjadi pemimpin perubahan dan generasi baru ASN di instansi masing-masing,” terima kasih kepada panitia penyelenggara, Widyaswara dan Mentor yang telah menyediakan waktu tenaga dan pikiran. Bangunlah pola kebiasaan dan budaya kerja yang baru yang lebih profesional apalagi di era industri 4.0,” tutup Wakil Gubernur.

Sementara itu, panitia pelaksana Muh Rian S.Stp, M.Si dalam laporannya menyatakan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan III BPSDM Sulteng tahun 2021 bertujuan mengembangkan kompetensi peserta, adapun sasaran yang ingin dicapai agar peserta memiliki keahlian dalam pelayanan publik.

Kegiatan pelatihan PKP akan berlangsung selama 96 hari dengan total peserta 40 orang yang berasal dari kabupaten kota dan provinsi. Peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat off competension, sementara bagi yang dinyatakan tidak lulus akan diberikan sertifikat telah mengikuti kegiatan.

Pembukaan Diklat diakhiri dengan pembacaan janji peserta serta hymne Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Berita terkait