FISIP Untad Gelar Workshop Kewirausahaan, Walikota Palu: Mahasiswa Mumpung Masih Pembelajaran, Bersiap Jadi Pengusaha

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad mengadakan Workshop Kewirausahaan dengan tema “Generasi Milenial Berwirausaha, Muda, Mandiri, Kreatif, dan Inovatif, di Sutan Raja Hotel and Convention, Palu. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Yunan Lampasio. SE, M.Si., dan Owner Ayam Penyet Mas Faiz, Fais Afrianto, Senin (7/6/2021).

Dalam sambutannya Dekan Fisip Untad, Prof. Dr. Muhammad Khairil, M.Si. mengapreasiasi kegiatan ini, menurutnya dengan terwujudnya kegiatan ini bisa memberikan edukasi yang baik bagi mahasiswa untuk memulai melakukan berwirausaha.

“Saya selalu didatangi oleh mahasiswa di ruangan saya dan mereka sering membawa jualannya dan alhamdulilah sampai sekarang saya tidak pernah menolak dagangan mereka saya selalu beli, itu saya hargai ketimbang mahasiswa yang datang ke ruangan saya hanya meminta anggaran proposal,” ujar Khairil, saat membuka Workshop Kewirausahaan.

Walikota Palu Hadianto Rasyid, memberikan sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah saat ini akan terus memberikan bantuan dalam pengembangan wirausaha di Kota Palu. Saat ini Pemerintah mengupayakan akan memberangkatkan 1.000 anak dari Palu untuk diberangkatkan di Jepang. “Insha Allah kami akan upayakan 2.000 anak, yang nantinya akan membantu perekonomian di Palu,” ujar Hadi.

Hadi menjelaskan, saat ia dulu duduk di bangku kuliah, ia berharap memiliki uang banyak untuk membantu yang lain, namun pada kenyataannya itu harus dengan usaha, bukan semata-mata menunggu keajaiban. Alhasil saat ini ia berhasil menjadi orang nomor satu di Kota Palu, sebab usahanya.

“Kepada mahasiswa mumpung saat ini masih tahap proses pembelajaran segera persiapkan diri, jangan hanya omong saja, omong doang, praktikan dan lakukan dengan berusaha, sebab usaha itu untuk memenuhi kebutuhan kita,” ujar Hadi.

Salah satu pemateri Fais Afrianto menjelaskan, saat itu jika ia tidak berwirausaha maka saat ini ia tidak akan merasakan hasil yang maksimal.

Sementara itu Dr. Yunan Lampasio. Menegaskan, bila dalam berwirausaha harus kreatif dan inovatif artinya buatlah produk-produk bermacam-macam, sebab itu akan membantu para wirausahawan dalam menemukan target jualannya meskipun saat ini dalam masa covid-19.

Dalam berusaha jangan berpikir  untuk menikmati dulu, namun hasil dari usaha itu gunakan untuk memenuhi usahanya, jangan penuhi kebutuhan lain. Bila kebutuhan usahanya sudah terpenuhi cukup untuk memodali maka silahkan penuhi kebutuhan lain, harus konsisten. ***

Reporter: Zein Fathur Ramadhan

Berita terkait