Pastikan Dukungan APBD, Gubernur Tinjau Posko Mandago Raya

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura disambut Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, Bupati Poso , Verna Ingkiriwang dalam kunjungan kerjanya Ke Posko Komando Taktis Modago Raya di Tokorondo Kabupaten Poso, Sabtu (31/07/2021)

Disambut dengan prosesi adat Poso oleh Bupati dan Tokoh adat Poso, selanjutnya Kapolda dan Danrem 132 Tadulako menyampaikan seluruh taktis Operasi Madago Raya dan kondisi Posko Komando Taktis Madago Raya dan kekuatan pesonil Polri dan TNI yang mendukung Operasi Madago Raya.

Kapolda Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, menyampaikan progres pembangunan Mussolah dan Puskesmas di area lokasi Posko melalui Tanah yang di hibahkan masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 1.1 M , dan tersebut merupakan dana SILPA Pengamanan Pilkada. Setelah di konsultasikan dana tersebut dapat dipergunakan untuk pembangunan.

Operasi Madago Raya merupakan operasi Penegakan Hukum yang  humanis untuk mengeleminir meluasnya paham radikalisme. Menjaga agar tidak terjadi konflik horizontal di Masyarakat  dan Mengokohkan Sinergitas TNI dan POLRI dengan tujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif, mempersempit ruang gerak DPO MIT Poso.

Lebih jauh Damren 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf menambahkan bahwa hambatan utama kita masih adanya simpatisan yang terus mensuplay kebutuhan DPO MIT Poso. Harapan kita agar saudara saudara kita kelompok DPO MIT Poso dapat menyerah, yakinlah negara pasti melindungi saudara-saudara.

Selanjutnya Pemerintah dapat bersinergi untuk membangun Infrastruktur Jalan penghubung sausu -salubanga – Sigi dan membangunan sarana pemerintahan yang memadai seperti sarana Kesehatan dan Sarana Pendidikan.

Dalam kunjungan tersebut Gubernur Rusdy Mastura, menyampaikan Trimakasih atas pengorbanan dan dedikasi TNI dan POLRI dan untuk mendukung Operasi Madago Raya ini. Saya sudah memutuskan akan memberikan Dukungan Anggaran melalui APBD Perubahan Tahun 2021 Untuk POLRI sebesar 2 M dan Untuk TNI Rp. 1,6 M.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan Tahun 2021 akan memprioritaskan anggaran untuk membangunan Infrastruktur jalan Sausu- Salubanga -Sigi dan bersinergi dengan kabupaten Parigi Moutong, Poso dan Sigi untuk peningkatan pembangunan di wilayah tersebut. Seperti sarana Kesehatan dan sarana lainnya. Kedepan seluruh desa harus masuk program Smart Village.

Tahun ini pemerintah menuntaskan penyelesaian Bencana Alam 28 September 2018,Bencana Covid -19 dan Bencana Poso dengan Teror Kelompok DPO MIT Poso, sehingga seluruh Kegiatan Proyek yang belum lelang saya sudah batalkan seluruh anggarannya di pergunakan untuk seluruh pemulihan Bencana tersebut.

Diakhir sambutannya Gubernur meminta Kepada DPO MIT agar dapat Turun dan Menyerah, yakinlah saya akan lindungi, sekali lagi saya meminta menyerahlah pasti saya akan lindungi. **

Sumber: Biro Adm Pimpinan Pemprov Sulteng

Berita terkait