Lolos Top 12 Aksi Muda Astra, Tim Agriculture R&D Faperta Untad Dampingi Penyintas Tingkatkan Perekonomian

  • Whatsapp

Palu,- Prestasi kembali ditorehkan oleh Mahasiswa fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tadulako. Tim Mahasiswa Agriculture Research and Development (Agriculture R&D) Untad masuk kedalam Top 12 Program Aksi Muda Indonesia, yang diselenggarakan oleh PT. Astra. 

Tim Program Aksi Muda Astra Mahasiswa Agriculture Research and Development (Agriculture R&D) Untad yakni Axel Riyandi Tampa’I (Agroteknologi 18), Ahmad Anshory (Agroteknologi 18) dan Syalzhabillah (Agroteknologi 18) mampu lolos dari jumlah 12 tim terbaik dalam bidang Income Generating Activity yang diikuti oleh ratusan Universitas di Indonesia. Ke-12 tim terbaik ini nantinya mendapatkan pendanaan, untuk menjalankan program kemasyarakatan.

Tim yang dibimbing oleh Dr Ir Rustam Abd. Rauf, SP,MP, IPM melakukan bimbingan, pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat, yang sasarannya berada di Hunian Tetap (Huntap) Tondo. Hal tersebut dilakukan agar dapat menjalankan usaha dengan baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Usaha yang akan dibuat yaitu pembuatan jamu celup, dengan nama brand “NARASA JAMU”. Sebelum mengajukan program ini dalam bentuk proposal, mahasiswa dengan bimbingan dari dosen pembimbing, melakukan identifikasi masalah dan pertemuan dengan khalayak sasaran,” kata Syalzhabillah, Selasa (31/8/21).

Kemudian, tercetuslah ide untuk membuat usaha jamu celup, dengan fokus khalayak dengan sasaran yaitu ibu rumah tangga. Saat ini, katanya, program tersebut sudah berjalan hingga pada tahap sosialisasi, rencananya akan melakukan produksi pada minggu depan, ungkapnya.

“Maka dengan harapan, dari program ini, ibu rumah tangga sebagai khalayak sasaran, dapat memiliki kelompok usaha yang berkelanjutan. Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan bagi keluarga, agar dapat meningkatkan taraf perekonomian dan menjadi wadah kreasi bagi ibu rumah tangga,” cetusnya.***

Berita terkait