Hadianto Rasyid Lakukan Kunker ke Kementerian Ketenagakerjaan RI

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Wali kota Palu Hadianto Rasyid didampingi Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja kota Palu Setyo Susanto melakukan audiens langsung bersama Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah di Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Audiens yang berlangsung di kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI tersebut, juga dihadiri pejabat Direktorat Jenderal Bina Pelatihan Vokasional dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI dan juga Ketua TP-PKK kota Palu Diah Puspita.

Dalam kesempatan ini, Wali kota Hadi secara garis besar memaparkan sejumlah isu maupun strategi ketenagakerjaan di kota Palu, termasuk usulan fasilitasi pembangunan dan pengembangan usaha tenaga kerja mandiri.

Ia menjabarkan laju pertumbuhan usia produktif berdasarkan lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang harus dapat terfasilitasi pekerjaan lebih dari 3.000 orang, namun lapangan kerja yang tersedia pertahun rata-rata 900 lowongan kerja.

“Pencari kerja yang tertampung kurang dari 200 orang, sisanya diisi oleh pekerja dari luar daerah, makanya setiap tahunnya tertambah lebih dari 2.000 pengangguran yang tidak memiliki peluang kerja di kota Palu,” sebut walikota.

Menurutnya strategi yang dapat dilakukan yakni peningkatan jumlah tenaga kerja yang terampil, terlatih dan memiliki kompetensi. Selain itu pembukaan kesempatan lapangan kerja keluar negeri.

Selain itu, pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di kota Palu dibutuhkan untuk percepatan pemenuhan tenaga kerja tersertifikasi keahlian, pengembangan teknologi tepat guna bagi masyarakat, dan bantuan permodalan usaha bagi masyarakat miskin.

Pertemuan ditutup, cenderamata kepada Menteri Ida berupa plakat, bawang goreng, serta kain batik bomba oleh Wali kota Hadi dan Ketua TP-PKK Diah memberikan. ***

Reporter: Zein Fatur Ramadhan

Berita terkait