Kuswandi Akhirnya Tetap Jabat Ketua DPRD Morowali

banner 728x90

Morowali,- Informasi terkait rencana pergantian Ketua DPRD Morowali akhirnya terjawab. Beberapa bulan lalu, sempat beredar informasi bahwa Kuswandi akan digantikan oleh Herdianto Marsuki sesuai dengan keterangan Ketua DPW NasDem Sulawesi Tengah, Atha Mahmud yang diwawancara saat itu.

Belum diketahui apa penyebab pasti pembatalan digantikannya Kuswandi oleh Herdianto Marsuki sebelum terjadinya proses pelantikan Ketua DPRD yang baru.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah, Atha Mahmud dalam wawancara via Whats App baru-baru ini membenarkan hal itu, namun ia tidak memberikan penjelasan secara detail. “Benar bahwa Kuswandi kembali menjabat Ketua DPRD Morowali sesuai SK DPP” katanya singkat.

Sementara, Wakil Ketua I DPRD Morowali, Syarifudin Hafid yang ditanyakan mengenai mekanisme pergantian pimpinan, dimana surat dari Partai NasDem dibacakan sendiri oleh Kuswandi usai rapat paripurna beberapa waktu lalu menjelaskan, terkait pergantian tersebut adalah merupakan kewenangan penuh partai yang bersangkutan.

“Terkait pergantian Ketua DPRD dan lainnya itu merupakan kewenangan mutlak dari partai politik, adapun polemik yang terjadi di NasDem itu adalah kewenangan mutlak dari partai itu sendiri, kita tidak bisa campuri” jelasnya.

Dikatakan Syarifudin, mekanismenya sudah sesuai dengan mekanisme yang ada di DPRD, dengan dibacakan surat dari DPP tentang pergantian saudara Kuswandi oleh saudara Herdianto Marsuki, namun dalam perjalanannya, SK tersebut dibatalkan kembali.

Terpisah, Wakil Ketua II DPRD Morowali, Asgar Ali yang diminta tanggapannya mengenai masalah tata tertib DPRD terkait pergantian pimpinan, enggan memberikan komentar. ***

Reporter: Bambang Sumantri

banner 728x90

Pos terkait