Modus Penipuan Beredar di Untad, Dekan Fisip Untad: Maba Hati-hati

Dr Muhammad Khairil, S,Ag/Ft: Ist
banner 780x80

Palu,- Penipuan acapkali digunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab dengan memanfaatkan situasi yang ada, salah satunya saat Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Tadulako, apalagi PPKMB saat ini dalam keadaan masa pandemi.

Terbaru, oknum penipuan menyasar Mahasiswa Baru dengan memanfaatkan Media sosial What App dan juga Facebook dengan mengirimkan pesan kepada Mahasiswa baru berupa Tugas Tambahan diiringi dengan permintaan pengisian pulsa yang mengatas namakan Dekan dan juga Pejabat di Universitas Tadulako.

Bacaan Lainnya

Penipuan di Untad memang marak terjadi saat penerimaan mahasiswa baru, salah satunya ada oknum yang tidak bertanggungjawab mencoba menipu beberapa mahasiswa dengan mengatasnamakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) Prof. Dr. Muhammad Khairil.

Dr Khairil yang turut dicatut namanya menghimbau kepada mahasiswa baru untuk hati-hati. Sebab menurutnya, tidak ada satupun Dosen atau Pejabat saat memberikan tugas tambahan lalu meminta pulsa.

Sebenarnya penipuan yang mengatasnamakan Dosen atau Pejabat bukan modus baru di Untad, namun ini rangkaian yang sudah lama dan yang sering menjadi sasaran adalah Mahasiswa Baru, ucap Khairil, Selasa (07/09/21).

“Maba harus hati-hati, apapun modusnya seperti meminta pulsa, melakukan transfer uang tetap jangan mudah percaya sebab kalau modusnya sudah begitu maka harus hati-hati,” ujar Khairil.

Namun sampai saat ini belum ada laporan mengenai mahasiswa yang tertipu, sebab mahasiswa di Untad dinilai cerdas dalam memilah informasi sehingga menggagalkan aksi penipuan.

“Saya dapat laporan bahwa beberapa mahasiswa hampir tertipu oleh modus ini, sampai saat ini mereka hanya memancing, namun Alhamdulillah adik-adik kita tidak mudah terpancing oleh rayuan si Penipu, Semoga saja tidak ada yang menjadi korban,” ungkapnya. ***

Reporter: Zein Fatur Ramadhan

Pos terkait