Sekot Palu Resmi Buka Seleksi Kepsek dan Pengawas Sekolah

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, H. Asri secara resmi membuka Seleksi Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu bertempat di Hotel Jazz Palu.

Dalam arahannya, Sekkot Asri yang membacakan sambutan tertulis Wali Kota mengatakan, jika seleksi substansi yang dilaksanakan merupakan rangkaian seleksi bakal calon pengawas sekolah dan bakal calon kepala sekolah setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama kurang lebih tiga bulan, dengan tujuan untuk memberikan pembekalan seluruh dimensi kompetensi yang diperlukan bagi seorang pengawas dan kepala sekolah dalam menjalankan tugas,” ujar Sekot, Sabtu (09/10/2021).

Seleksi substansi bakal calon pengawas sekolah, bertujuan untuk memilih dan memilah bakal calon pengawas sekolah yang memiliki potensi pengawasan.

Oleh karena itu, melalui seleksi substansi ini diharapkan dapat menghasilkan calon-calon pengawas sekolah yang betul-betul berkualitas, yaitu memiliki kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian dan pengembangan, serta kompetensi sosial.

“Demikian pula, seleksi substansi bagi bakal calon kepala sekolah mempunyai arti yang sangat penting karena bertujuan untuk menilai kemampuan, kekuatan, kesanggupan, dan gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh bakal calon kepala sekolah yang memungkinkan dapat kembangkan,” lanjutnya.

Ia berpesan kepada peserta agar mengikuti seleksi substansi ini dengan tekun, taat, tenang, dan dengan penuh konsentrasi, serta manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.***

Reporter: Zein Fatur Ramadhan

Berita terkait