Menuju Smart City, Wali Kota Palu Launching E-Parking

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU,- Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, melaunching revitalisasi parkir elektronik atau E-Parking menggunakan aplikasi barqode QRISS, pada hari Rabu (16/2/22).

Menurutnya Launching E-Parking ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Palu menuju Smart City. Peresmian ini juga melibatkan Dinas Perhubungan Kota Palu dibantu Bank BRI.

Selain itu saat ini banyak masyarakat mengeluhkan masalah parkir sehingga upaya E-Parking diharapkan bisa menjawab semua permasalahan termasuk penerimaan daerah.

“Memang upaya kita mendorong percepatan ini terjawab dengan baik oleh Dinas Perhubungan Kota Palu dan Bank BRI. Launching hari ini merupakan pintu bagi kita untuk mengawali pola-pola kerja yang sistematis dalam melakukan pengelolaan potensi-potensi yang ada di dalamnya,” katanya.

Ia menyadari penerapan pembayaran parkir menggunakan scan barcode QRIS akan banyak tantangannya, namun dengan mengetahui tantangan-tantangan tersebut, Pemerintah dapat melakukan evaluasi sehingga penyempurnaan bisa dilakukan agar program ini bisa berjalan dengan baik.

“Ini juga upaya Pemerintah untuk mempush masyarakat berimigrasi ke dunia digital. Bagaimana kita mau memanfaatkan industri 4.0 kalau masyarakat tidak berimigrasi dan Pemerintah tidak mendorong hal itu,” ungkapnya.

Wali Kota juga menyatakan program ini sebagai upaya Pemerintah dalam menertibkan pengelolaan penerimaan daerah, jangan sampai potensi penerimaan ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Maka Pemerintah harus meminimalisir kesempatan-kesempatan terjadinya hal yang tidak baik. Olehnya saya berharap launching ini bisa diimbangi dengan sosialisasi dengan baik. Baik dari Dinas Perhubungan Kota Palu maupun Bank BRI,” lanjutnya.

Selain itu, Wali Kota juga meminta setelah launching ini layanan parkir juga harus diperbaiki mulai dari marka parkir hingga petugas parkir harus mampu memiliki komunikasi yang baik dengan pelanggannya.

“Bukan hanya kita menyuruh masyarakat berkontribusi yang baik, tapi kita juga dituntut memberikan pelayanan yang baik. Sehingga ini bisa diterima dengan baik dan semakin memperkuat upaya-upaya kita bersama dalam meningkatkan pelayanan,” tambahnya.

Pembayaran e-Parking dengan menggunakan scan barcode QRIS ini akan dimulai dengan 50 titik parkir se-Kota Palu seperti rumah makan, supermarket, dan lainnya. ***

Reporter: Fathur Ramadhan

Berita terkait