Gubernur: Sulteng Diuntungkan Komitmen Jokowi Prioritaskan UMKM

  • Whatsapp

SULTENG – Penekanan Presiden Joko Widodo agar seluruh potensi APBN dan APBD diprioritaskan untuk belanja produk dalam negeri langsung diapresiasi Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura.

Kepada kailipost.com di Bandara Mutiara Sis Aljufrie sepulang dari Bali mengikuti Rapat Terbatas Penguatan Produk Dalam Negeri, Cudy, sapaan gubernur, dengan sumringah mengaku lega dan bersyukur dengan komitmen Presiden Jokowi.

Menurutnya, dengan kebijakan sangat memihak tersebut akan banyak menguntungkan UMKM Sulawesi Tengah. ‘’Arahan Bapak Presiden sangat lugas dan jelas. Bagus karena belanja mulai tahun ini kita semua wajib memprioritaskan produk dalam negeri. Nanti Senin (28 Maret) Saya akan menterjemahkan dalam belanja hingga mikro APBD sekarang. OPD di Sulteng akan diberi penjelasan dan wajib,’’ ujar gubernur yang juga beberapa hari melakukan medical check full di RSUP AD Gatot Subroto Jakarta.

Beberapa UMKM di Sulteng akan lebih bergairah karena mendapat porsi distribusi belanja yang besar. Dengan proses itu dipastikan akan menstimulan pertumbuhan ekonomi Sulteng dan menurunkan angka kemiskinan 2023 nantinya. ‘’Ya otomatislah fiskal daerah naik. Jadi apa yang disampaikan Presiden Jokowi benar. Dunia dalam ketidakpastian. Krisis pangan mulai di negara – negara lain, naik harga minyak mentah. Belum lagi usai pandemi kita dihajar dua tahun dengan semua direfokusing anggaran. Saatnya landasan utama ekonomi rakyat diperkuat agar kita tidak inflasi seperti negara lain. Luar biasa antisipasi presiden dan Sulteng sangat diuntungkan,’’ terang gubernur sambil menuju mobil yang menjemputnya.

Seperti diketahui, Jokowi minta semua pimpinan daerah dan BUMN agar membelanjakan anggaran yang akan dikucurkan Rp400 triliun untuk barang dalam negeri. RI 01 itu minta segera dimasukkan ke E-katalog. Komitmen pemerintah agar anggaran berputar dalam negeri dan UMKM kuat, mandiri dan bangkit.

Hadir dalam kegiatan Businnes Matching Pwngadaan Produk Dalam Negeri (PDN) Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan sejumlah gubernur di Indonesia.

Arahan presiden sangat jelas, kata Cudy, sapaan Rusdy Mastura ke redaksi kailipost.com Jumat sore (26/03/2022) ketika dihubungi via telpon. Olehnya, dirinya meminta agar segera kebijakan tersebut dijawab oleh OPD dan biro setdaprov terkait. ***

jurnalis utama kailipost.com : andono wibisono

Berita terkait