Soal Investasi PLTA di Touna, Gubernur Minta Dipercepat

  • Whatsapp
banner 728x90

SULTENG- Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura berjanji akan mempermudah investasi di seluruh wilayahnya. Dengan catatan, kepala daerah kabupaten/kota juga terlibat sejak dini. ‘’Kalau bupati dan walikota sudah terlibat sejak dini dan proses ketentuan dijalankan ya mesti didukung,’’ jawab Cudy, sapaan Rusdy Mastura ketika menerima Bupati Tojo Una Una Moh. Lahay dan PT. Bongka Nova Energi Senin , 7 Maret 2022.

Gubernur didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi  Ronny Tanusaputra, dan Bidang Kemasyarakatan, Antar Lembaga dan HAM M.Ridha Saleh.

Mohammad Lahay menyampaikan PT. Bongka Nova Energi akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Bongka Kabupaten Touna.

Gubernur menyampaikan dukungannya kepada seluruh bupati/wali kota agar mendukung seluruh investasi dan memberikan dukungan kepada Investor untuk dapat segera mengelola potensi yang ada di Sulteng.

Saat ini di Sulteng ada beberapa daerah sudah memiliki investasi berskala besar. Seperti Morowali, Morut dan Banggai memiliki Tambang Nikel dan Gas , Kabupaten Balut Akan segera dibangun Kawasan Industri Maritim Halal , Donggala akan dibangun Food Estate untuk mendukung IKN, Kabupaten Sigi , Poso  dan Kabupaten Parigi Moutong dipersiapkan sebagai daerah pertanian menyangga kebutuhan IKN.

Tujuan investasi tak lain kesejahteraan masyarakat naik, fiskal daerah naik dan mengurangi kemiskinan di wilayah. PLTA adalah investasi strategis guna mendukung potensi desa dan BUMDes yang kuat dan mandiri. ‘’Dalam waktu dekat Kemendes RI dan Pemprov akan tandatangan kerjasama konkrit Smart Village se Sulteng dilakukan di Togean,’’ kata gubernur. ***

editor/sumber : rizky/biro adpim setdaprov

Berita terkait