Inilah Perkiraan Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri di UI, UGM dan ITB PTN 2022

  • Whatsapp
banner 728x90

Kailipost.– Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri 2022 sebagai jalur pilihan bila calon mahasiswa tak lolos masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2022.

Bila calon mahasiswa akan mengikuti jalur mandiri di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut rangkuman kisaran biaya masuk melalui Jalur Mandiri 2021, merangkum laman resmi PTN bersangkutan.

Kisaran biaya bisa berbeda-beda sesuai dengan jurusan atau program studi (prodi) yang dipilih. Pendapatan atau gaji orangtua pun bisa memengaruhi besaran biaya kuliah yang akan dibayarkan oleh calon mahasiswa.

Biaya ini bisa mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan setiap kampus. Untuk itu, calon mahasiswa bisa melihat perkembangan terkait biaya pendidikan melalui laman resmi kampus tujuan.

  1. Biaya kuliah S1 ITB 2022
    Selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memiliki Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2022 yang pendaftarannya dibuka pada hari ini, Senin (6/6/2022) mulai pukul 17.00 WIB.

Berita terkait