Pengganti Zulhas di Wakil Ketua MPR RI Yandri, Dilantik Kamis Depan

banner 728x90

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa Fraksi PAN MPR RI telah mengirimkan surat bernomor 024/K-S/F-PAN-MPR/VI/2022 kepada Pimpinan MPR RI, menunjuk Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan. Pengucapan sumpah jabatan Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI rencananya akan dilakukan pada Kamis, 30 Juni 2022, di MPR RI, disaksikan Pimpinan MPR, Pimpinan Fraksi MPR, dan Pimpinan Kelompok DPD.

“Pimpinan MPR RI sangat senang menerima kehadiran Mas Yandri. Kita siap bekerjasama menuntaskan berbagai agenda MPR RI. Mas Yandri bukan orang baru di parlemen. Rekam jejak beliau selama tiga periode di parlemen sangat bagus. Terbukti dirinya saat ini dipercaya menjabat Ketua Komisi VIII DPR RI. Jam terbangnya dalam politik juga sangat mumpuni. Antara lain dengan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (2020–2025), Ketua DPP PAN (2015–2020), Ketua Umum DPP BM PAN (2011–2016), Ketua Bidang Pariwisata KNPI (2008–2011), Sekretaris Jenderal DPP BM PAN (2006–2011), serta Wakil Sekretaris Jenderal DPP BM PAN (2004–2006),” ujar Bamsoet saat menerima Yandri Susanto di Jakarta, Selasa (28/6/22).

Baca Juga

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, agenda terdekat yang dihadapi MPR RI yakni menyukseskan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022, yang diselenggarakan di Gedung Nusantara, pada 16 Agustus 2022. Sesuai hasil rapat konsultasi pimpinan MPR dengan berbagai pimpinan lembaga negara seperti DPD RI, MA, MK, BPK, dan KY yang dilakukan pada tahun 2020 lalu, disepakati bahwa Sidang Tahunan MPR RI rencananya akan memfasilitasi para pimpinan Lembaga Negara menyampaikan secara langsung laporan kinerjanya selama setahun terakhir kepada rakyat.

“Gagasan tersebut sudah dicetuskan sejak lama, namun belum dapat terealisasi karena berbagai hal. Mudah-mudahan pada tahun ini bisa terlaksana. Sehingga bisa mewujudkan transparansi dan akuntabilitas serta mendewasakan pembangunan demokrasi. Sekaligus dijadikan ajang bagi lembaga negara dan kepresidenan untuk unjuk prestasi kepada rakyat,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, HAM, dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, selain menyukseskan Sidang Tahunan MPR RI, rekam jejak Yandri Susanto sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI dengan lingkup tugas di bidang Agama dan Sosial, akan sangat membantu MPR RI mewujudkan Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia (Forum MPR Dunia). Diharapkan bisa terbentuk pada akhir tahun 2022. Proses pembentukannya akan dilakukan di Gedung Asia-Afrika, Bandung. Mengingat tempat tersebut sangat bersejarah sebagai tempat lahirnya Konferensi Asia Afrika, yang memainkan peranan penting bagi diplomasi internasional Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Sebagai bentuk organisasi yang tidak permanen, Forum MPR Dunia memiliki peran strategis di kancah global, dengan turut memberikan alternatif solusi, di tengah dinamika global yang sedang bergejolak, dan menawarkan agenda konsolidasi ekonomi antar-negara, untuk mencapai kerjasama strategis, dengan komitmen pembangunan inklusif secara global. Menekankan bahwa Islam sebagai rahmat bagi alam semesta, akan menjadi solusi dalam mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di dunia,” pungkas Bamsoet. ***

Editor: Andono Wibisono

Berita terkait