Miliki Medan Menantang, Sulteng Tuan Rumah Kejurnas Perdana ALTI

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU– Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) menggelar Kejuaraan tingkat Nasional (Kejurnas) yang diikuti 15 provinsi se-Indonesia.

Kejurnas perdana tersebut, digelar di Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan rute perlombaan di Kabupaten Sigi.

Ketua ALTI Sulawesi Tengah, Mohamad Affan dalam sambutanya saat pembukaan Kejurnas, Jumat (15/7/2022) di Hotel d’Kalora mengatakan bahwa Kejurnas yang digelar pada tanggal 15 hingga 17 April 2022, memperebutkan 11 medali emas, 11 medali perak, 11 medali perunggu.

Dengan mempertandingkan nomor jarak pendek 40 kilometer, individual putra dan putri, jarak jauh 80 kilometer tunggal putra dan putri, beregu jarak jauh 80 kilometer, dan vertikal run 6 kilometer individual putra dan putri.

Jumlah atlit yang akan mengikuti even di Sulteng, sebanyak 115 orang. Berasal dari Provinsi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Sulawesi Tengah.

Di tempat yang sama, Ketua Umum ALTI, Bima Arya dalam jumpa pers bersama sejumlah media menyatakan bahwa saat ini merupakan hari yang bersejarah dalam olahraga lari trail. Dimana kejurnas pertama kalinya diselenggarakan di Sulawesi Tengah.

Rute Kejurnas sebut Bima Arya, melintasi dua wilayah. Yaitu Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Dari even pada hari ini, ditargetkan ikut serta dalam PON 2024. Dalam bentuk eksebisi.

Menurutnya, medan Kejurnas di Sulteng sangat luar biasa. Perpaduan antara gunung dan pemandangan teluk yang tidak ada duanya.

“Saya berterimakasih atas dukungan semua pihak. Dari sini akan terbuka jalan menunju komoetisi yang akan menelurkan atlit-atlit lari trail handal,” ungkapnya.

Cabor lari trail sebut Ketua umum ALTI sangat unik. Karena berkaitan dengan pariwisata, lingkungan dan karakter biotik.

Sementara, Ketua Harian ALTI, Farhan menjelaskan bahwa salah satu pengurus provinsi yang pertama kali terbentuk, adalah di Sulawesi Tengah. Olehnya, even perdana diselenggarakan di daerah ini.

Anggota DPRD RI dan juga seorang Artis tersebut mengatakan bahwa trek atau medan trail yang sangat menantang. Meskipun belum terekspos.

Pembukaan Kejurnas pada hari itu dihadiri Walikota Palu Hadianto Rasyid, Bupati Sigi Irwan Lapatta, Ketua Kormi Sulteng Syaifulah Jafar, Ketua Koni Sulteng Nizar Rahmatu dan seluruh peserta Kejurnas ALTI. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait