Ekspos Kesiapan Kawasan Pangan Nasional (KPN) Sulawesi Tengah depan Menteri Pertanian

  • Whatsapp
banner 728x90

GUBERNUR Sulawesi Tengah Rusdy Mastura Jumat, 15 Juli 2022 menyampaikan kesiapan Kawasan Pangan Nasional (KPN) di Sulawesi Tengah di depan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang didampingi seluruh Dirjen Kementan RI.

Berikut hal penting disampaikan gubernur adalah ; pertama; Sulteng menyiapkan lahan total 178 ribu hektare dengan rincian 90 ribu hektare telah siap standing crope dan poligon. Sedangkan sisanya 80 ribuan hektare adalah areal potensi bukaan baru, termasuk Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.

Kedua; Gubernur mengistilahkan Tidak Boleh Lahan Tidur, Yang Ada Orang Tidur di Lahan di Sulteng. Dengan artian ke depan pertanian adalah upaya Sulteng menyangga pencegahan inflasi nasional. Dalam hadist nabi menyebut Walau besok Kiamat, Ada bibit mesti tetap ditanam yaitu Mendemamkan pertanian kepada masyarakat.

Rusdy juga melanjutkan bahwa poin ketiga; saat ini Sulteng setiap hari menyuplai 15 ton sayur ke Kalimantan dan 30-50 ton pertahuan beras ke Kalimantan. Saat ini dengan maraknya pertambangan, Sulteng bertekad menjadi penyuplai komoditi pertanian.

Keempat; Kebijakan Sulteng menjaga sebagai kawasan pangan salah satunya menetaokan menjadikan Kabupaten Poso sebagai lokasi pertanian menyuplai komoditi pertanian untuk wilayah pertambangan Morowali dan Morowali Utara dan sekitarnya.

Berita terkait