Gubernur Tanam Jagung dan Peletakan Batu Pembangunan Peternakan di Sigi Sulteng

  • Whatsapp

SULTENG – Gubernur Sulteng Rusdy Mastura melakukan penanaman jagung perdana dan meletakkan batu pembangunan peternakan di Desa Sidondo Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi Sulteng Rabu 24 Agustus 2022 di lokasi PT Hanta Yudha Mukti.

PT. HYM menyebut bahwa Sigi memiliki potensi lahan yang sangat tepat untuk pertanian dan peternakan. Termasuk, menyambut cita – cita Sulteng menjadi penyangga pangan IKN nantinya. Olehnya, dikembangkan konsep Agro industri pertanian dan peternakan.

Bupati Sigi Moh Irwan Lapata menyampaikan bahwa Sigi memiliki potensi Pertanian dan Perkebunan dan Peternakan. Wilayah Sigi sebagian besar berada area Hutan Lindung, Untuk itu Bupati Sigi Sangat Mengapresiasi atas dukungan PT. Hanta Yuda Mukti yang mendukung terwujudnya Kabupaten Sigi berbasis Agrobisnis.

Bupati Sigi meminta kepada gubernur mendukung Sigi Membangun Rumah Pemotongan Hewan modern guna menyuplai daging segar beku ke IKN dan perusahaan industri pertambangan di kabupaten lain.

Ia juga meminta dukungan peningkatan kualitas infrastruktur jalan untuk koneksitas arus distribusi hasil produksi dengan pembangunan ruas Jalan Bora – Pandere – Pakuli, juga rencana Pengembangan Bangga – Lalundu semoga Tahun 2022 sudah dapat dimulai.

Sedangkan gubernur bersyukur PT HYM mewujudkan mimpinya
membangun Agroindustri di Kabupaten Sigi. Di Sigi akan didorong menjadi pusat industri pertanian, perkebunan dan peternakan.

Gubernur juga menceritakan bahwa dirinya rela bolak balik ke Jakarta meyakinkan pemerintah pusat pentingnya ada kebijakan berupa peraturan presiden (Perpres) atau Instruksi presiden (Inpres) percepatan pembangunan Sulteng sebagai daerah penyangga ibukota baru di Kalimantan.

Terakhir, kata Cudy, dirinya telah bertemu sekretaris kabinet (Sekkab) Pramono Anung membawa proposal Percepatan Pembangunan Sulteng untuk disampaikan ke presiden. Pekan depan juga akan bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani hal yang sama. ***

Reporter: Andono Wibisono

Berita terkait