Kabar Duka Dunia Basket, Legenda Basket NBA Bill Russell Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Bill Russell (FOTO: TWITTER)
banner 728x90

Kailipost- Kabar duka kembali datang, kini dari dunia basket setelah legenda NBA, Bill Russell dikabarkan meninggal dunia, Minggu (31/07/22) waktu setempat.

Kabar duka tersebut diketahui dari pernyataan yang dirilis oleh pihak keluarga melalui media sosial, di mana Bill Russell meninggal dunia belum lama ini.

Dalam pernyataan yang diunggah di media sosial Twitter, peraih 11 gelar juara NBA ini tutup usia di umurnya yang ke-88 tahun.

Dilansir dari ESPN, Bill Russell meninggal dengan tenang di sisi sang istri, Jeannine, pada Minggu (31/07/22) waktu setempat.

Legenda Boston Celtics itu dikenal sebagai pebasket terbaik sepanjang masa, sebelum hadirnya era Michael Jordan di tahun 90 an.

Nama Bill Russell sendiri abadi sebagai salah satu Hall of Fame di NBA. Bahkan, namanya diabadikan sebagai penghargaan MVP Final di ajang basket terpopuler itu.

Kariernya sebagai pebasket penuh dengan catatan-catatan mentereng. Di bangku kuliah, ia mampu meraih juara NCAA sebanyak dua kali.

Dalam karier profesionalnya Bill Russell juga mampu membawa Amerika Serikat menjadi juara dan meraih medali emas di Olimpiade 1956 Melbourne.

Tak hanya harum karena kariernya sebagai pemain, nama Bill Russell juga abadi di kancah kepelatihan di dunia NBA.

Tercatat, ia menjadi pelatih kulit hitam pertama di NBA kala menukangi Boston Celtics. Bahkan, Bill Russell mampu membawa tim binaannya itu menjuarai NBA sebanyak dua kali pada 1968 dan 1969.

Berita terkait