Menengok Kesiapan Sulawesi Tengah, Serambi Ibukota Negara Baru

  • Whatsapp
banner 728x90

SULAWESI TENGAH adalah provinsi di tengah pulau berbentuk huruf K di dunia. Letaknya strategis. Di kelilingi beberapa pulau kecil yang cantik. Penduduknya belum mencukupi 5 juta, tapi nilai investasi provinsi ini peringkat ketiga terbesar nasional di kuartal Juli 2022. Mencapai Rp20, 02 Triliun.

Sulawesi Tengah memiliki cadangan minyak dan gas di Dongi Senoro, Blok Balantak, Blok Matindok dan lainnya. Bahkan Kota tua Donggala dan Kota Palu memiliki garis lepas pantai berjarak 45 menit menuju Balikpapan, Kalimantan. Strategis. Hanya empat jam menuju China.

Memiliki nikel dengan perusahaan dunia industri tambang nikel. Memiliki cadangan emas dan dikelola perusahaan grup Bakrie, Citra Palu Mineral (CPM) Poboya.

Kekayaan pertanian. Selalu menjadi lumbung padi dengan nilai surplus padi gabah. Buah Durian, asal Parigi Moutong menjadi spesifik holtiluktura. Ada kerenyahan bawang goreng hingga menyentuh kagum lidah nasional.

Kekuatan pertama disiapkan Sulteng menghadapi pembangunan Ibukota Negara Baru, adalah infrastruktur darat dan laut. Untuk darat dan laut, Gubernur Rusdy Mastura mengusulkan Peraturan Presiden atau Keputusan Presiden Tentang Percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah Sebagai Penyangga Pangan IKN. Gubernur Cudy, mengajukan Rp300 triliun ke Presiden, selama lima tahun ke depan.

Berita terkait