Wanti-wanti Mentan: Harga Mi Instan Bisa Naik 3x Lipat Sebentar Lagi!

  • Whatsapp
Mentan Sebut Harga Mi Instan Sebentar Lagi Naik/Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom
banner 728x90

Jakarta- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mewanti-wanti tentang kenaikan harga mi instan dalam waktu dekat. Hal tersebut merupakan imbas dari perang antara Rusia dengan Ukraina. Bahkan, ia menyebut kenaikan harganya bisa tiga kali lipat.

“Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, dimana ada 180 juta ton gandum nggak bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3x lipat,” katanya dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (8/8/22) kemarin.

Kenaikan harga mi instan tersebut terjadi karena bahan bakunya, yakni gandum juga mengalami kenaikan. Sementara, Indonesia saat ini masih impor gandum.

“Saya bicara ekstrem aja, ada gandum tapi harganya mahal banget. Sementara kita impor terus,” kata Syahrul.

Rusia dan Ukraina merupakan negara penghasil gandum terbesar dunia. Kedua negara menyuplai sekitar 30-40% dari kebutuhan gandum dunia. Dengan situasi perang saat ini, gandum menjadi langka karena pasokan terhambat.

Sementara gandum adalah salah satu bahan baku mi instan. Walhasil, kenaikan harga gandum di pasar internasional otomatis ikut mengerek harga mi instan di dalam negeri. ***

Editor/Sumber: Rizky/detik.com

Berita terkait