Darurat Berprestasi, Wali Kota Palu Beri Semangat Warga SDN 21 Palu

Wali Kota Palu Beri Semangat Kepala SDN 21 Palu (Foto: Humas Pemkot Palu)
banner 728x90

PALU,– Wali Kota Palu Hadianto Rasyid  memberikan semangat dan dukungan kepada guru dan siswa SDN 21 Palu yang hingga saat ini masih menempati sekolah darurat pasca gempa 28 September empat tahun lalu.

Wali Kota Hadianto didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi, mengunjungi dua SD di Kota Palu pada Selasa, 20 September 2022.

Baca Juga

Kedua SD tersebut yaitu SD Negeri 21 Palu, Jalan Sungai Manonda, Kompleks Perum Griya Galara Permai dan SD Negeri 11 Liku, Jalan Sampaga Biru, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Hadi dan Kadis Hardi melihat langsung proses belajar mengajar yang ada di kedua sekolah.

Wali Kota menyebut bahwa pendidikan di tingkat SD inilah yang menjadi cikal bakal melahirkan anak-anak yang berkualitas.

“Kalau dari SD kita sudah tidak bisa memenuhi itu, maka kekhawatirannya kita akan minim dengan anak-anak yang berkualitas. Oleh karena itu, Sekolah Dasar merupakan pondasi,” katanya.

Ia mengatakan para guru harus berpikir bagaimana melahirkan anak-anak yang hebat, walaupun jumlah peserta didik dalam kelas tidaklah banyak.

Anak-anak, katanya harus diberikan pemahaman yang baik tentang mata pelajaran yang akan diajarkan.

“Kalau mereka sudah paham dengan baik tentang mata pelajaran yang akan diajarkan, barulah masuk ke dalam materinya,” ungkapnya.

Wali Kota mengatakan Pemerintah Kota Palu memiliki program peningkatan kapasitas para guru yang dimulai dari sekolah-sekolah yang berada di pinggiran Kota Palu.

“Ini harus berjalan, karena kita akan mencetak anak-anak yang InsyaAllah membawa perubahan. Tidak dirasa, 10 tahun kedepan mereka akan menjadi generasi penerus,” katanya.

Khusus SDN 21 Palu yang masih belajar mengajar di sekolah darurat, Wali Kota berjanji akan segera mengundang pihak terkait mempertanyakan terlunta-luntanya pembangunan kembali gedung sekolah tersebut.

Hadianto sangat terharu dan beri apresiasi kepada kepala sekolah, guru dan siswa yang meski belajar di bangunan sementara yang ketika siang hari sudah terasa panasnya, namun SDN 21 Palu telah menorehkan prestasi.

Tercatat SDN 21 Palu merupakan salah satu sekolah penggerak nasional berprestasi di Kota Palu.

Di bawah kepemimpin kepala sekolah Sunarti, sekolah darurat yang dibangun di atas tanah warga ini pada 2019 masih berupa mirip kandang kambing (baca Kaili Pos edisi April 2020), kini sekolah itu telah disulap menjadi indah dan nyaman untuk proses belajar mengajar. ***

Reporter/Editor: Firmansyah Lawawi/Ikhsan Madjido

Berita terkait