Menparkeraf: Keren FDP Ada Nasi Bambu, Ada Sepatu khas Anak Poso

  • Whatsapp
banner 728x90

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno membuka Weekly Press Briefing yang digelar di Jakarta serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemenparekraf, Senin, 5 September 2022, malam.

Dalam kegiatan siaran pers Mingguan tersebut turut hadir sebagai tamu undangan Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir dan Bupati Poso dr Verna Gladies Merry Inkiriwang, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih.

Ketigannya hadir dalam rangka memperkenalkan Festival Danau Poso yang akan digelar pada 20-22 Oktober 2022 mendatang.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir mengatakan bahwa Kabupaten Poso memiliki berbagai destinasi wisata alam yang indah dan menarik sehingga Pemerintah berharap Festival Danau Poso dapat berjalan dengan baik.

“Festival Danau Poso juga diharapkan menjadi ajang untuk menyatukan masyarakat Sulteng dari 13 Kabupaten/Kota yang ada, sehingga pemerintah tetap mendorong dan memfasilitasi agar festival ini berjalan dengan baik,” kata Wagub Ma’mun

Mentri Parekraf, Sandiaga Uno mengaku kagum dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah maupun Kabupaten Poso yang kini terus berbenah dan mengubah stigma Poso menjadi daerah tujuan wisata di Sulteng.

“Saya kedatangan Gubernur Sulteng juga waktu itu bahwa ternyata Poso ini bersolek, berubah total ya,” imbuh Menteri Sandiaga Uno

Hal ini pun dijelaskan oleh Bupati Poso, Verna Inkiriwang bahwa sejumlah potensi daerah terus dikembangkan mulai dari sektor wisata, hingga pemulihan ekonomi kreatif masyarakat poso.

Verna juga menambahkan upaya pemerintah baik Pemda Poso dan Pemda Sulteng berupaya untuk mempercepat investasi daerah di Poso.

“Kami terus berbenah, ada pemulihan pariwisata, pemulihan ekonomi sekaligus menepis stigma miring tentang daerah pasca konflik horisontal itu. Poso sudah aman, Poso itu nyaman, dan kami terus berbenah terlebih menyiapkan pariwisata kami,” jelas Bupati Verna.

Dalam hal pembenahan dan menghidupkan kembali sektor pariwisata kata Verna, Pemda Poso menggelar sejumlah event berskala Nasional, diantaranya event Sogili ToleRunsi Poso pada Juni 2022 dan konser Iwan Fals pada 6 Agustus 2022.

Tak hanya itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih mengungkapkan pihaknya sedang membranding Kabupaten Poso sebagai Negeri 1000 Megalit.

“FDP tahun ini memang disupport oleh Pemerintah Provinsi Sulteng karena kami sedang membranding Poso sebagai Negeri seribu Megalit” bebernya.

Diah menambahkan bahwa banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Poso, salah satunya Wisata Air Terjun Saluopa yang dikenal sebagai air terjun bertingkat.

Diah juga membeberkan bahwa dalam helatan Festival Danau Poso akan digelar pemecahan Rekor MURI pembakara 7000 Inuyu (Nasi Bambu).

Diakhir kegiatan Weekly Press Briefing, Pemerintah Sulawesi Tengah menyerahkan cenderamata khas Kabupaten Poso kepada Menteri Sandiaga Uno berupa sebuah baju kulit kayu beserta sepatu edisi spesial FDP 2022, hasil kolaborasi antara Festival Danau Poso dengan brand Exodos57 yang merupakan brand sepatu bertaraf nasional milik salah satu putra Poso, Gally Rangga.

Diketahui pelaksanaan Festival Danau Poso (FDP) 2022 akan digelar pada tanggal 20 hingga 22 Oktober 2022 dan rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, sejumlah Menteri pun diundang hadir dalam gelaran Festival tersebut, mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa.

Adapun FDP 2022 mengusung tema “Pesona Megah Sulawesi Tengah” yang diharapkan menjadi momen penting bagi Pemerintah untuk kembali menghidupkan potensi Pariwisata Sulteng pasca Pandemi serta secara langsung dapat mempromosikan pesona wisata Alam dan Budaya Kabupaten Poso.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar pada FDP 2022 antara lain, berbagai pertunjukan seni budaya seperti tarian massal daerah Poso, tarian daerah dari 13 Kabupaten dan Kota di Sulteng, hingga tarian dero bersama.

Pertunjukan lainnya ada Penobatan Putri Danau Poso, Fashion Show, pesta kembang api, berbagai lomba masyarakat seperti lomba memasak, wisata jajan kuliner khas poso, hingga kegiatan Pemecahan Rekor MURI pembakaran Inuyu (Nasi Bambu).

Serta dimeriahkan dengan pertunjukan musik tradisonal karambangan, performance band lokal, stand up comedy hingga closing guest star oleh Saykoji feat Ana Timur. ***

Sumber Tulisan & Foto ; Official Team FDP 2022

Berita terkait