Jokowi Serahkan Estafet Kepemimpinan Presidensi G20 ke India

Foto: Penyerahan Palu Konferensi Tingkat Tinggi Dari Presiden Jokowi Dodo Kepada Delegasi India. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyerahkan keketuaan Presidensi G20 kepada India untuk 2023 mendatang.

Penyerahan keketuaan tersebut disampaikan langsung kepada Jokowi di depan para delegasi pimpinan G20 yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, termasuk Perdana Menteri India Narendra Modi.

Baca Juga

“Saya mau menyampaikan selamat kepada India, yang akan melanjutkan kepemimpinan G20 berikutnya,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, keketuaan Presidensi G20 berada di tangan yang tepat. Jokowi mengatakan, di bawah kepemimpinan PM Modi, keketuaan G20 akan mencapai kesuksesan serupa.

“Saya yakin di bawah kepemimpinan Modi, G20 akan terus bergerak,” katanya.

Jokowi mengatakan, Indonesia siap mendukung penuh keketuaan Presidensi G20 di tangan India. Jokowi dalam kesempatan tersebut juga mengajak seluruh dunia mendukung India.

“Menandai berakhirnya Presidensi G20 secara resmi, saya menyerah terimakan tampuk kepemimpinan pada India,” kata Jokowi.

Adapun proses penyerahan Presidensi G20 kepada India diakhiri dengan penyerahan tongkat palu dari Jokowi kepada PM Narendra Modi. ***

Editor/Sumber: Rizky/CNBC Indonesia

Berita terkait