Literasi Masa Depan Kompetisi Produk dan Jasa; Gubernur Hadiri Gemilang Perspustakaan 2022

  • Whatsapp
banner 728x90

JAKARTA,- Gemilang Perpustakaan 2022 mengambil isu literasi masa depan adalah produk barang dan jasa yang kompetitif di dunia global. Bila tidak, negara – negara akan gagal dan jatuh pada ketergantungan pada negara lain. Hadir dalam acara itu Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr Rohani Mastura MSi, Integrity Covention Center Jakarta , Senin 14 November 2022.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando, yang membuka acara tersebut menyebut bahwa acara Gemilang Perpustakaan Tahun 2022 dilaksanakan sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

Dan menyampaikan bahwa  kontribusi dari Pemerintah Daerah, untuk memiliki kebijakan dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia. Di mana parameter literasi saat ini adalah kemampuan menciptakan barang dan jasa yang bermutu yang bisa dipakai dalam kompetisi Global,” ungkap Syarif Bando dalam Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022

Perpusnas wajib merumuskan kebijakan di bidang perpustakaan. Sebagaimana mengacu pada visi Presiden Joko Widodo tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024.
Gemilang Perpustakaan Nasional merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk mengajak masyarakat mengenali kegiatan yang inspiratif, informatif, komunikatif, dan edukatif, yang dilaksanakan Perpusnas. Dalam acara ini, Nugra Jasadharma Pustaloka diberikan kepada pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, media massa, dan lifetime achievement, serta pelestari naskah kuno yang dinilai berhasil memfasilitasi dan mendorong pembudayaan kegemaran membaca.

Gubernur menyampaikan bahwa pengembangan Literasi di masyarakat sejalan dengan Visi dan Misi berkomitmen untuk meningkatkan SDM Sulteng melalui Pendidikan Vokasi dan Peningkatan Kwalitas Sistem Pengajaran Sekolah dan Keluaran Anak Didik.

Gubernur juga menyampaikan Peningkatan Minat Baca Masyarakat harus terus ditingkatkan dan terus dimotivasi Pemerintah lewat kegiatan kegiatan Perpustakaan tujuannya agar masyarakat dapat memiliki Wawasan dan Pengetahuan yang luas. ***

editor : kiki

Berita terkait