Pemkot Palu Minta Karang Taruna Perperan Dalam Majukan Daerah

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Palu Walawati menghadiri Sosialisasi Manajemen Organisasi Karang Taruna se-Kota Palu

Palu,- Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, meminta Karang Taruna agar ikut berperan dalam memajukan pembangunan daerah berkelanjutan menuju Palu yang lebih berkembang.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Sosial Kota Palu Walawati saat menghadiri sosialisasi manajemen organisasi forum Karang Taruna se-Kota Palu, di Palu, Kamis (18/11/2022).

Baca Juga

“Pemuda merupakan salah satu aset negara yang perlu diberi ruang berekspresi, salah satunya lewat organisasi kepemudaan sebagai wadah untuk pengembangan kapasitas, sehingga kelak dapat menjadi kader melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan sehingga dapat mengambil peran aktif dalam pembangunan di daerah,” kata Walawati.

Ia juga menjelaskan, saat ini pemuda cukup berperan aktif melalui berbagai wadah, salah satunya lewat pembinaan lembaga Karang Taruna. Melalui penguatan manajemen organisasi maka implementasinya perlu dikolaborasikan dengan pemerintah sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan.

Menurut dia, Pemkot Palu dengan semangat Palu mantap bergerak memiliki 53 program prioritas jangka menengah terbagi dalam enam sektor yakni ekonomi, sosial kependudukan, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, birokrasi dan keuangan, serta lingkungan.

“Guna menyukseskan nawacita, pemerintah daerah perlu dukungan semua pihak, tidak terkecuali pemuda di bawah naungan Karang Taruna. Banyak aspek dimasuki berkaitan langsung dengan kepemudaan, dan pemerintah tentu membutuhkan sinergitas itu,” ujar Walawati.

Ia mengemukakan, organisasi ini memiliki kekuatan karena ada di berbagai wilayah, mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan, maka modal ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan penguatan terhadap masyarakat dalam mewujudkan pembangunan kota yang berkelanjutan.

Selain itu, juga dapat mengambil peran pengembangan usaha berbasis kelompok dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam gerakan sosial bersama pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan di daerah. Karang Taruna juga memiliki solidaritas yang kuat, sehingga dinilai memiliki kemampuan dalam menciptakan kemandirian bangsa,” tutur Walawati.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta pemuda membantu menyosialisaskan program-program Pemkot Palu kepada masyarakat, agar agenda besar pemerintah dapat tersampaikan secara masif.

“Kami juga meminta Karang Taruna ikut terlibat dalam urusan sosial kemasyarakatan melalui program kerja masing-masing, sehingga arah pembangunan ini terwujud dan berkesinambungan,” demikian Walawati. ***

Editor/Sumber: Rizky/Antara

Berita terkait