Rizal: Perumda Harus Mampu Kembangkan Pelaku Usaha Kota Palu

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU,- Bertempat di jalan Kedondong, Kelurahan Donggala Kodi, Selasa (15/11/2022) digelar reses atau penjaringan aspirasi oleh Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Rizal bersama masyarakat.

Dalam reses catur wulan III tahun sidang 2022 kali ini, berbagai aspirasi warga Kelurahan Donggala Kodi, dikemukakan kepada politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Diantaranya permintaan penerangan jalan, pembangunan taman di lokasi pekuburan Donggala Kodi, serta belum berkembangnya sektor pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khusunya produk olahan Kelor di Kota Palu.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Palu akan mendorong pemberdayaan ekonomi para pelaku UMKM melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda).

“Ada masyarakat mengeluhkan produk UMKM yang dipasarkan melalui Alfamidi tidak berkembang. Utamanya terkait pembayaranya tiap tiga bulan kepada pelaku usaha. Kedepanya akan dilakukan koordinasi bersama Perumda. Mekanismenya Perumda yang akan membayar produk UMKM masyarakat. Sehingga pihak Alfamidilah yang melakukan transaksi pembayaran kepada Perumda,” ungkap Rizal.

Karena menurutnya, pada tahun 2023 Perumda akan mendapatkan kucuran dana penyertaan modal dari APBD Kota Palu.

Sehingga diharapkan Perumda yang membebani APBD daerah tersebut, bisa memberdayakan perekonomian pelaku usaha di Kota Palu. Olehnya masyarakat tidak lagi khawatir memasarkan hasil produksinya.

“Perumda harus bisa menjadi solusi dengan mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. Jangan hanya menjadi beban daerah,” tandasnya.

Ia juga merencanakan pengembangan budidaya ikan air tawar (Nila) dengan menggunakan sistim biofolk. Karena dianggap memiliki prospek yang sangat menjajikan untuk kedepanya. ***

Reporter: Firmansyah Lawawi

Berita terkait