13 Orang Tewas Akibat Bangunan Lima Lantai Ambruk di Aleppo

Anggota tim penyelamat bekerja di lokasi runtuhnya bangunan tempat tinggal di lingkungan Sheikh Maksoud di Aleppo, Suriah 22 Januari 2023. Kantor Berita Utara/Handout via REUTERS

Jakarta,- Sebanyak 13 orang tewas ketika sebuah bangunan tempat tinggal runtuh di kota Aleppo, Suriah utara, Minggu, (22/1/2023).

Hingga kini Petugas penyelamat masih mencari orang-orang yang diyakini terkubur di bawah reruntuhan.

Bangunan dengan lima lantai di distrik Sheikh Maksoud di kota terbesar kedua Suriah itu runtuh akibat kebocoran air yang melemahkan fondasinya, kata pejabat pemerintah seperti dikutip oleh media pemerintah.

Ini adalah salah satu dari banyak bangunan runtuh dalam beberapa tahun terakhir di Aleppo, yang menanggung beban pemboman udara intensif Rusia dan Suriah sampai pemberontak diusir enam tahun lalu.

Banyak pengungsi Suriah dipindahkan selama konflik lebih dari satu dekade ke bangunan yang rusak karena tidak ada rekonstruksi sistematis daerah pemukiman dan layanan negara tetap minim, kata penduduk.

Pihak oposisi menuduh Presiden Bashar al-Assad menahan layanan di distrik-distrik tempat pemberontakan terhadapnya berkobar, untuk menghukum penduduk.

Pekerjaan untuk merenovasi bangunan yang rusak karena perang dalam banyak kasus dilakukan dan dibayar oleh warga setempat, kata penduduk.

Presiden Bashar al-Assad menyalahkan lambatnya pemulihan karena perang dan sanksi Barat. Ia membantah memperlakukan daerah yang direbut kembali secara berbeda dengan yang tetap berada di bawah kendalinya selama perang dan menyatakan pemerintah bekerja untuk memulihkan layanan ke semua daerah. ***

Editor/Sumber: Riky/Tempo.co

Berita terkait