CIKASDA Sulteng Dukung Kawasan Pangan Nasional Talaga

SULTENG,– Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Sulawesi Tengah memberikan dukungan penuh rencana penyiapan Kawasan Pangan Nasional (KPN) di Desa Talaga Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah seluas 1.132 hektare. Dukungan itu berupa komitmen dan membangun kolaborasi dengan Balai Wilayah Sunggai Sulawesi III terkait dengan air baku.

16 Desember 2022 lalu, Cikasda dan BWSS III melakukan joint inspection ke lokasi sebagai tahapan persiapan serah terima hibah barang milik negara (BMN) Kementerian PUPR kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng yaitu infrastruktur air baku guna mendukung Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Dampelas Kabupaten Donggala.

Baca Juga

Cikasda dan BWSS III melakukan pemeriksaan bersama terkait aset barang-barang dan bangunan yang telah dikerjakan BWSS III dengan menggunakan APBN TA 2022. Upaya pengecekan dilakukan baik secara kuantitas dan kualitas di lokasi. Beberapa alat masih belum terpasang dikarenakan terkendala kegiatan land clearing lahan belum selesai.

Sehingga masih dibutuhkan anggaran yang perlu disiapkan melalui APBD 2023 apabila land clearing sudah selesai 100%. Beberapa alat yang dilakukan pemeriksaan, antara lain: panel surya, pompa, sprinkler, pipa, reservoir, dan lain lain. ***

Editor : rizki renaldi

Berita terkait