SUKSES CIKASDA SULTENG ! Raih Peringkat III Nasional Wilayah Sungai

SULTENG,- Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Daerah (Cikasda) Sulawesi Tengah terus mengenjot prestasi. Di bawah tangan dingin, pejabat pelaksana tugas (Plt) Andi Rully Djanggola, yang dipercaya Gubernur Rusdy Mastura menyabet presdikat III (ketiga) nasional pengelolaan wilayah sungai. Yaitu, wilayah sungai Lambunu Buol, sesuai dengan penilaian kinerja Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Nasional kategori WS Provinsi tahun 2022.

Penilaian Tim Koordinasi TKPSDA Nasional meliputi beberapa indikator penilaian, misalnya penyusunan Pola dan Rencana Pengelolaan SDA, tersusunnya Pergub SI H3, Alokasi Air, dan pemantauan/evaluasi kebijakan program kegiatan serta keaktifan sidang TKPSDA yang dituangkan dalam rekomendasi TKPSDA. Indikatorn lainnya adalah peran dan koordinasi aktif dengan pemangku kebijakan yaitu gubebrnur untuk pengambilan kebijakan. WS Lambunu Buol yang merupakan salah satu dari empat WS kewenangan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga

Penilaian lomba dilaksanakan menjadi dua tahap. Tahap awal dilakukan presentase melalui virtual meeting dan tahap kedua dilakukan presentase dan wawancara langsung dihadapan tim penilai di Surabaya pada pertengah November 2022 lalu. Dari kedua tahapan seleksi tersebut TKPSDA WS Lambunu Buol yang diketuai Kepala BAPPEDA Sulteng, mendapat peringkat terbaik ketiga, di bawah TKPSDA WS Teunom Lambesoi Provinsi Aceh (peringkat pertama) dan TKPSDA WS Bodri Kuto Provinsi Jawa Tengah (peringkat kedua).

Kinerja sekretariat TKPSDA WS Lambunu Buol yang berada di Dinas Cikasda Sulteng menyiapkan dan mendukung kinerja TKPSDA WS Lambunu Buol terbukti bekerja maksimal walaupun dengan ketersediaan dana relatif minim. ‘’Namun dengan semangat semua anggota TKPSDA dan tim sekretariat, akhirnya membuahkan hasil yang cukup membanggakan sebagai peraih penghargaan terbaik ketiga tingkat nasional,’’ tutur Andi Rully ke kailipostcom pekan lalu.

Kepala Bappeda Sulteng, Ir Sandra Tubondo, mengharapkan TKPSDA mendorong WS lainnya untuk mengikuti lomba serupa. Tentunya, hal ini akan ditunjang dengan alokasi dana yang memadai. Cikasda Sulteng akan selalu memberikan yang terbaik bagi predikat Pemprov Sulteng dengan memberikan kinerja yang maksimal di bawah kepemimpinan Gubernur H Rusdy Mastura dan Wakil Gubernur H Ma’mun Amir. ***

Editor : andono wibisono

Berita terkait