Putin Sebut NATO Ikut Serta dalam Perang Ukraina karena Sumbangkan Senjata

  • Whatsapp
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Sputnik/Mikhail Metzel/Pool via REUTERS)
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut bahwa negara-negara yang ikut serta dalam konflik Ukraina dengan menyumbangkan senjata ke negara itu. Putin pun mengatakan bahwa Barat berencana untuk memecah Rusia.

“Mereka mengirimkan senjata puluhan miliar dolar ke Ukraina. Ini benar-benar partisipasi,” kata Putin dalam wawancara dengan media Rossiya-1 yang disiarkan pada Minggu (26/2) waktu setempat.

“Ini berarti bahwa mereka ikut serta, meskipun secara tidak langsung, dalam kejahatan yang dilakukan oleh rezim Kyiv,” cetus Putin seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (27/2/2023).

Putin mengatakan negara-negara Barat memiliki “satu tujuan, yakni untuk memecah bekas Uni Soviet dan bagian utamanya, Federasi Rusia”.

“Hanya dengan begitu mereka mungkin akan menerima kita dalam apa yang disebut keluarga masyarakat beradab tetapi hanya secara terpisah, setiap bagian secara terpisah,” ujar Putin.

Putin mengatakan hal tersebut di sela-sela konser patriotik di Moskow, menjelang peringatan pertama dimulainya serangan besar-besaran Rusia di Ukraina.

Dalam wawancara tersebut, Putin juga menegaskan kembali seruannya untuk dunia multipolar dan mengatakan dia “tidak ragu” bahwa ini akan terjadi.

“Apa yang kita lawan? Melawan fakta bahwa dunia baru yang sedang terbentuk ini dibangun hanya untuk kepentingan satu negara saja, Amerika Serikat,” tutur pemimpin Rusia tersebut.

“Sekarang upaya mereka untuk mengatur ulang dunia dalam rupa mereka sendiri setelah jatuhnya Uni Soviet telah menyebabkan situasi ini, kita berkewajiban untuk bereaksi,” tandasnya. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait