Dipanggil KPK Hari Ini, Mengapa Kepala Bea Cukai Makassar Belum Dicopot?

  • Whatsapp
Foto: TEMPO/Imam Sukamto

Jakarta,- Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Selasa, 14 Maret 2023. Tak seperti Rafael Alun dan Eko Darmanto, Andhi belum dicopot dari jabatannya.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo menjelaskan alasan Andhi Pramono belum dicopot dari jabatannya selaku Kepala Bea Cukai Makassar.

Dia menyebut, pihaknya akan mengecek ke Inspektorat Jenderal atau Itjen terlebih dahulu penyebab belum dicopotnya jabatan Andhi.

“Rasanya karena ini permintaan keterangan pertama dan kami kemarin berpandangan untuk dapat diminta keterangan saat ada tugas ke Jakarta,” kata Prastowo, sapaannya, melalui rekaman suara yang diterima Tempo dari humas Kemenkeu pada Senin 13 Maret 2023.

Pada kesempatan itu, dia menuturkan Andhi Pramono sudah dipanggil pada Jumat 10 Maret 2023. Prastowo menilai, Andhi sudah hadir dan memberikan penjelasan terkait yang ramai di media sosial.

“Saat ini Itjen Kemenkeu juga masih sama, masih menunggu bukti dokumen berkas yang sedang dikumpulkan untuk dapat diperiksa berikutnya,” tuturnya.

Andhi Pramono diketahui dipanggil KPK hari ini. Berdasarkan pantauan Tempo, dia tiba di Gedung Merah Putih KPK Jakarta pada pukul 09.17 WIB.

Ditanya soal kejanggalan harta kekayaannya, Andhi tak mau menjawabnya. “Nanti kalo sudah selesai, saya akan sampaikan kepada teman-teman ya,” ujar Andhi. ***

Editor/Sumber: Riky/Tempo.co

Berita terkait