Kabupaten Parigi Moutong Akan Gelar Festival Durian untuk Dunia

  • Whatsapp
banner 728x90

Sulteng,- Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir menerima kunjungan dari Ir. Lewis selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Parigi Moutong serta Noor Wachida P. Tombolotutu selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Parigi Moutong terkait dengan pelaksanaan festival durian di Parigi Moutong, ruang kerja Wagub, Senin (27/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Lewis menyampaikan bahwa Kabupaten Parigi Moutong berpotensi sebagai penghasil durian terbesar dan terbaik di Indonesia.

“Potensi durian yang ada di Kabupaten Parigi Moutong sangat besar dan terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan Parigi Moutong akan memperkenalkan potensi tersebut melalui kegiatan festival durian berskala internasional yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2023.

Ia juga meminta pemerintah Sulawesi Tengah agar bisa mendukung acara tersebut agar dapat berjalan dengan sukses.

“Sehubungan dengan diadakannya festival durian di Parigi Moutong pada bulan Mei nanti kami berharap Pemprov Sulteng dapat mendukung acara tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya Noor Wachida menjelaskan tentang tujuan dari pelaksanaan acara tersebut. Menurutnya selain potensi produksi durian yang berlimpah kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Parimo.

“Adanya festival durian dapat pula menjadi peluang peningkatan pendapatan masyarakat,” ucap Noor Wachida.

Ia juga menyampaikan jika durian yang ada di Parimo merupakan durian yang memiliki rasa tersendiri dan bersifat khas.

Dan cita rasa tersebut adalah sebuah hal unik yang diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan.

“Durian yang ada di Parimo memiliki cita rasa yang khas dan unik dan kami berharap hal itu dapat menarik lebih banyak pengunjung untuk datang,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ma’mun Amir mengungkapkan jika Pemprov Sulteng sangat mendukung terselenggaranya acara tersebut.

Ia juga menyampaikan dinas terkait agar bisa mengkaji terkait dengan pola panen yang dapat bisa diterapkan berkelanjutan sehingga harga durian yang ada bisa terjangkau bagi masyarakat.

“Saya berharap agar dipersiapkan secara matang serta dilakukan dengan optimal dan publikasi yang ada harus dilakukan dengan sangat baik,” ungkap Ma’mun Amir. ***

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

Berita terkait