Kota Palu Gagal Raih Predikat Adipura 2022, Ini Tanggapan Hadianto Rasyid

  • Whatsapp
Foto: Wali Kota Palu Hadianto Rasyid/Handover

Palu,- Pengumuman Kabupaten Kota di Indonesia peraih Adipura tahun 2022 kini telah usai diumumkan oleh Kementerian LHK. Kota Palu gagal meraih predikat Adipura.

Ada sebanyak 150 Kabupaten Kota yang berhasil meraih predikat Adipura tahun 2022. Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengatakan, target Adipura Kota Palu adalah tahun 2023.

“Yah kalau belum dapat Adipura kan berarti belum siap, Nanti bisa disiapin,” kata Hadianto Rasyid, Rabu (1/3/2023).

Diketahui Kota Palu, Sulawesi Tengah, belum berhasil meraih Adipura 2022. Bahkan tak satupun dari daerah di Sulawesi Tengah meraih penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu.

Pemberian penghargaan Adipura tahun 2022 diselenggarakan di Gedung Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid. Foto : Likein.id

Kegiatan tersebut dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Sarwono Kusumaatmadja.

Penilaian Adipura tahun ini dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota atau 50,2 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Penilaian Adipura juga dijalankan dengan mengedepankan kaidah good governance, yakni proses monitoring dan evaluasi secara obyektif sesuai dengan peraturan serta kebijakan yang berlaku.

Penghargaan tertinggi, yakni Adipura Kencana, diraih oleh lima kabupaten/kota yang terdiri dari tiga peraih kategori kota sedang, satu kota besar, dan satu kota metropolitan.

Peraih Adipura Kencana untuk kategori kota sedang adalah Bontang, Jepara, dan Bitung.

Sementara untuk kategori kota besar adalah Balikpapan dan untuk kota metropolitan adalah Surabaya.

Selain itu, penghargaan kategori Adipura diraih oleh 80 kabupaten/kota. Kemudian empat kabupaten/kota juga meraih penghargaan kategori Plakat Adipura sebagai lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik.

Sementara kategori Sertifikat Adipura diberikan kepada 61 kabupaten/kota karena dinilai memiliki upaya yang baik atas kinerja dalam pengelolaan sampah dari sumbernya.

Berita terkait