Lima Orang Tewas Akibat Kapal Angkut Migran Terbalik di Laut Tunisia

  • Whatsapp
Foto: ilustrasi/pixabay
banner 728x90

Tunis,- Sebuah kapal yang mengangkut puluhan migran dari Afrika sub-Sahara terbalik di lepas pantai Tunisia. Akibatnya ada lima orang migran ditemukan tewas, lima migran berhasil diselamatkan dan 28 lainnya masih hilang.

“Lima jenazah migran ditemukan dan lima migran lainnya diselamatkan, tetapi 28 masih hilang,” kata Romdhane Ben Amor dari Forum Hak Sosial dan Ekonomi Tunisia (FTDES), seperti dilansir AFP, Kamis (23/3/2023).

Dia juga mengatakan bahwa kapal itu tenggelam karena kelebihan muatan dengan 38 orang. Sebagian besar para migran di kapal tersebut berasal dari Pantai Gading.

Kapal tersebut telah berangkat dari wilayah pesisir Sfax ke arah pulau Lampedusa di Italia, landasan peluncuran populer bagi orang-orang yang melarikan diri dari perang dan penganiayaan di seluruh Afrika untuk mencoba mencapai keselamatan di Eropa.

Tenggelamnya kapal itu adalah tragedi terbaru di Mediterania tengah, yang dikenal sebagai rute migrasi paling mematikan di dunia. Insiden ini terjadi sebulan setelah Presiden Kais Saied membuat pidato yang menghasut menuduh para migran dari Afrika sub-Sahara mewakili komplot melawan Tunisia dan menyebabkan gelombang kejahatan.

Komentar Presiden Kais memicu gelombang kekerasan terhadap migran kulit hitam, dan tuan tanah yang takut akan denda mengusir ratusan orang yang kini berkemah di jalan-jalan Tunis.

Para migran banyak yang takut akan menghadapi kekerasan jika mereka pulang. Mereka telah meminta badan pengungsi PBB UNHCR untuk mengevakuasinya.

Sekitar 21 ribu migran dari Afrika sub-Sahara diyakini berada di Tunisia, negara berpenduduk 12 juta orang itu. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait