Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Ini Reaksi Ganjar hingga Koster

  • Whatsapp

Reaksi Wayan Koster

Gubernur Bali Wayan Koster turut bereaksi soal keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Koster mengaku tak berharap atas putusan FIFA tersebut, dan berharap Piala Dunia U-20 tetap dilaksanakan di Bali.

“Saya juga tidak berharap atas keputusan FIFA yang membatalkan Kejuaraan Dunia FIFA U-20 di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi dilansir detikBali, Kamis (30/3).

Diketahui, Koster sempat menolak kehadiran tim nasional Israel. Bahkan Koster sempat menyurati Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk meminta Israel tak bermain di Bali.

Soal putusan FIFA, Koster mengatakan pemerintah pusat melalui PSSI telah berupaya keras berkomunikasi dengan FIFA. Namun, FIFA akhirnya membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Koster mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang berusaha agar Piala Dunia U-20 tetap berjalan tanpa kehadiran timnas Israel. “Saya ucapkan terima kasih yang telah berupaya keras mengupayakan FIFA U-20 di Indonesia tanpa kehadiran Israel,” terang dia.

Perihal kehadiran timnas Israel pada Piala Dunia U-20, Wayan Koster menilai berpotensi mengancam keamanan di Bali. Karena itu, dia menolak kedatangan Israel ke Indonesia, khususnya ke Bali.

“Hal ini sangat berpotensi menjadi ancaman dan gangguan keamanan di Bali, baik ancaman bersifat terbuka maupun tertutup,” ungkapnya.

“Saya tidak menoleransi potensi gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat di Bali, yang lebih lanjut akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini,” lanjutnya.

Terlebih lagi, politikus PDIP tersebut mengklaim Bali masih dalam upaya pemulihan perekonomian dan pariwisata dan setelah dihantam pandemi COVID-19. Koster juga menyebut kehadiran Israel pada Piala Dunia U-20 nantinya hanya menimbulkan pro dan kontra di Indonesia, khususnya terkait konflik dengan Palestina. ***

Editor/Sumber: Riky/Detik.com

Berita terkait