Siapa Akan Jadi Penjabat Bupati Morowali, Benarkah Figur Ini ?

  • Whatsapp
banner 728x90

JAKARTA,- Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah masa jabatan bupatinya tak lama lagi. 26 September 2023 genap lima tahun. Satu periode kepemimpinan Taslim sejak 2018. Untuk menjalankan roda pemerintahan hingga Pilkada serentak 2024, maka gubernur akan mengusulkan nama penjabat bupati.

Siapa kira – kira nama calon penjabat (Pj) Bupati Morowali yang akan diusulkan Gubernur Rusdy Mastura. Hingga kini belum terdengar dibahas di tingkat Pemprov. Namun beredar nama – nama pejabat tingkat pratama di Pemprov Sulteng yang memiliki kans diusulkan gubernur.

Ada beberapa nama kepala dinas dan kepala badan yang memiliki kans. Misalnya, Kepala Biro Hukum Setdaprov Yopi. Ia dinilai cakap, muda dan loyal. Ada pula nama Kepala Kesbangpol Fahrudin D Yambas. Disebut kapabel, senior, muda dan loyal. Ada pula disebut nama Rudy Dewanto Asisten II Setdaprov. Memiliki latar belakang manajemen pemerintahan dan pengawasan, energik, loyal dan sering dipercaya gubernur selama ini mewakili sejumlah aktifitas dan kegiatan.

‘’Semua nama – nama itu tentu memiliki penilaian di mata pimpinan yaitu Bapak gubernur. Pasti Pak gub akan belajar banyak dari sebelumnya. Kita pastikan yang dipilih akan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan,’’ ujar Ketua Fraksi PDIP Suryanto kepada kailipost.com Rabu 1 Maret 2023 menanggapi ketika ditanya.

Semua, tandasnya sesuai aturan. Termasuk mengevaluasi penjabat – penjabat bupati yang sebelumnya sudah ada. ‘’Iya hak gubernur mengevaluasi penjabat bupati yang sudah dan mengusulkan untuk pengisian,’’ akunya.

BISA DARI JAKARTA

Apakah penjabat bupati, wali kota dan gubernur memungkinkan dari ASN pusat atau lembaga vertikal. ‘’Sepanjang sesuai aturan bisa ya tidak melanggar. Penjabat gubernur Sulbar dari Dirjen Otda Kemendagri toh. Usulan gubernur bagaimana kalau penjabat bupati dan wali kota di wilayahnya,’’ jawabnya lagi. ***

reportase : rizki renaldi

Berita terkait