Usulan JK soal Nama Cawapres Anies, Harus Diisi Tokoh dari “Jawa Timur” kalau Mau Menang

  • Whatsapp
Anies Baswedan dan Jusuf Kalla (JK). (Rengga Sancaya/detikcom)

Jakarta,- Terungkap satu clue tokoh calon wakil presiden (Cawapres), Anies Baswedan yang diusulkan oleh Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) yakni ‘Jawa Timur’. Siapa yang dimaksud?.

Soal Kode Jawa Timur

Kode Jawa Timur ini diungkap oleh Partai Pro Anies, salah satunya NasDem. NasDem mengatakan JK cenderung mempertimbangkan kriteria tokoh dari Jawa Timur.

“Ya kalau Pak JK itu dia tidak pasti samalah, kan beberapa kali diskusi dengan beliau. Jadi beliau lebih melihat kepada kebutuhan Mas Anies itu apa,” kata Waketum NasDem Ahmad Ali mengawali tanggapannya, Senin (27/3/2023).

Ali mengatakan JK mempertimbangkan sosok-sosok bacawapres yang dapat mengisi lumbung suara Anies yang dianggap masih lemah. Dia menyebut wilayah itu, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Nah sekali lagi Pak JK juga pada beberapa kali diskusi beliau kecenderungannya adalah memang memilih wakil yang bisa mengisi kekosongan di wilayah-wilayah di mana Mas Anies itu lemah suaranya,” kata Ali.

“Katakanlah, ya, kita tidak bisa tutupi bahwa hari ini Mas Anies itu di Jawa Tengah, Jawa Timur, itu lemah. Nah maka kalau Mas Anies ingin menang kontestasi ya harus menutupi kelemahannya,” sambungnya.

Berita terkait