Wawali Kota Palu Ajak Umat Hindu di Palu Jaga Toleransi dan Memperjuangkan Demokrasi

  • Whatsapp

PALU,— Wakil Wali (Wawali) Kota Palu, Reny A Lamadjido selaku mengapresiasi atas terselenggaranya Dharma Santi Nyepi Saka 1945.

Perayaan Hari Nyepi Caka 1945 Tahun 2023, diselenggarakan di gedung Milana Graha Sabha Pura Agung Wana Kertha Jagat Natha Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali Kota Palu mengatakan, kegiatan Dharma Santi Nyepi Saka kali ini dapat meningkatkan hidup toleransi antar umat beragama di Indonesia khususnya Kota Palu.

“Melalui kegiatan ini kita semua dapat senantiasa hidup rukun toleransi antar umat beragama sehingga dapat mewujudkan demokrasi Indonesia yang lebih baik kedepannya,” kata dr. Reny A Lamadjido, Minggu (30/4/2023).

Menurutnya, Pemilihan tema Dharma Santi Nyepi Saka 1945 tersebut sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini.

Kata Reny, sebagai bangsa yang merdeka kita harus selalu memperjuangkan menjaga demokrasi agar tetap kuat dan lestari.

“Demokrasi menjadi pondasi utama dalam mewujudkan negara yang adil dan makmur,” kata Wawali Palu.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palu khususnya umat Hindu untuk terus menjaga dan memperjuangkan demokrasi.

“Mari bersama-sama kita sukseskan pesta demokrasi yang InsyaAllah kita akan melaksanakan secara serentak 14 Februari 2024 mendatang,” tuturnya.

Baca juga: Beras Program Bantuan Pangan Disalurkan ke Penerima Manfaat di Tolitoli

Kegiatan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1945 umat Hindu Kota Palu juga dihadiri oleh perwakilan tokoh-tokoh umat lintas agama sebagai wujud silaturahim dan menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Kegiatan tersebut digagas oleh Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Palu.

Diketahui Dharma Shanti Nyepi merupakan rangkaian kegiatan rutin dilaksanakan setiap hari raya Nyepi dimana kegiatan ini merupakan tahunan untuk menguatkan kembali silaturahmi intern unat Hindu dan antar umat beragama serta dengan pemerintah.

Dharma Shanti diawali dengan penampilan tarian Sekar Jepun yang ditarikan oleh remaja Hindu wanita dari Sanggar Seni Dharmagita Kota Palu. ***

Editor: Riky

Berita terkait