Wawali Palu Ikuti Rapat Pelayanan Kesehatan Reproduksi Catin, Tekan Angka Stunting

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido bersama Kadis Kesehatan saat mengikuti pertemuan daring tentang pelayanan kesehatan reproduksi bagi catin, di ruang Rapat Bappeda Kota Palu, Selasa (04/04). (FOTO: HUMAS PEMKOT PALU)

PALU,– Wakil Wali (Wawali) Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido secara langsung mengikuti pertemuan tentang pelayanan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin (Catin), bertempat di ruang Rapat Bappeda Kota Palu, Selasa 4 April 2023.

Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti sejumlah pemerintah daerah se-Indonesia.

Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi mengatakan, kegiatan kali ini bertujuan untuk menyosialisasikan kebijakan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi catin. Tujuan lainnya adalah memperoleh dukungan dan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan kesehatan reproduksi bagi catin di seluruh Indonesia, baik dalam bentuk regulasi dan pembiayaan.

Menurutnya, catin merupakan kelompok strategis untuk membantu penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta penurunan angka stunting.

“Mengingat 70 persen dari calon pengantin diperkirakan akan hamil pada tahun pertama,” katanya.

Ia mengungkapkan, di Indonesia terdapat dua juta pasangan pengantin, atau sekitar empat juta anak-anak muda, baik laki-laki dan perempuan yang akan menikah.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono, menyampaikan, pada tahun 2045 Indonesia akan menginjak usia emas kemerdekannya.

Menurutnya anak-anak yang saat ini akan lahir sampai tahun 2024, adalah angkatan kerja yang diharapkan akan menjadi generasi emas di tahun 2045 mendatang.

“Di tangan merekalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan,” katanya.

Berita terkait