Pertama di Asia, Teknologi AR Diterapkan Dalam Operasi Tulang Belakang

  • Whatsapp
Spine Center adalah pusat pengobatan keluhan tulang belakang dari RS EMC Tangerang yang menghadirkan teknologi AR (Augmented Reality) sebagai inovasi baru untuk penanganan keluhan tulang belakang. /Istimewa.
banner 728x90

Jakarta,- Tulang belakang manusia memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Tak hanya menjadi struktur pendukung utama manusia, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi di RS. EMC Tangerang, dr. Harmantya Mahadhipta, Sp.OT (K) Spine mengatakan bahwa tulang belakang juga berfungsi untuk melindungi sistem saraf pusat, yaitu sumsum tulang belakang.

Jika ada masalah dengan tulang belakang, tentu harus segera dikonsultasikan ke dokter ahli, guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berkaitan dengan penanganan keluhan tulang belakang, Spine Center RS EMC Tangerang adalah yang pertama di Asia Pasifik yang menggunakan teknologi Augmented Reality dalam operasi tulang belakang (spine surgery).

Spine Center adalah pusat pengobatan keluhan tulang belakang dari RS EMC Tangerang yang menghadirkan teknologi AR (Augmented Reality) sebagai inovasi baru untuk penanganan keluhan tulang belakang. Ya, AR (Augmented Reality) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya berbentuk dua dimensi dan bisa juga tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikannya sebagai realitas dalam waktu nyata.

Sistem AR (augmented reality)  yang dipakai di Spine Center RS. EMC Tangerang juga sudah menerima persetujuan FDA 510(k) untuk operasi tulang belakang intraoperatif dengan panduan presisi. AR (Augmented Reality) membantu dokter dalam memasang implan dengan presisi seperti robot dan seperti GPS yang menyediakan peta atau jalan yang membantu dokter pada saat tindakan operasi.

Berita terkait