Resmikan Kantor KPU Palu, Hasyim Asyari Berterima Kasih Pada Hadianto Rasyid

  • Whatsapp
KETUA Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Hasyim Asyari didampingi Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid meresmikan kantor KPU Kota Palu di Jalan Balai Kota Selatan, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Palu Selatan, Senin (5 /6/2023). FOTO: HERNI/SULTENGTERKINI.ID
banner 728x90

PALU,- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Hasyim Asy’ari secara langsung meresmikan kantor KPU Kota Palu di Jalan Balai Kota Selatan, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Palu Selatan.

Ikut mendampingi Hasyim, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid yang ditandai dengan pengguntingan pita di depan pintu utama kantor KPU.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengungkapkan harapannya agar kantor yang baru ini dapat memberikan berkah serta menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain di Sulawesi Tengah untuk mendapatkan dukungan serupa.

“Karena semua orang tahu bahwa proses pendaftaran sebagai walikota, gubernur, anggota DPRD dilakukan di KPU, supaya semua orang ingat dari mana mereka berasal. Walikota (Palu) adalah orang yang paling mengingat KPU,” ujar Hasyim, pada Senin 5 Juni 2023.

Hasyim mengatakan, secara pribadi, dia melihat bahwa kantor KPU Kota Palu terlihat megah dan mewah. Namun, menurut Hasyim, yang terpenting adalah kualitas pelayanan. Penampilan fisik hanya sebagai pendorong untuk meningkatkan pelayanan.

“Tugas KPU adalah melayani pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan juga melayani peserta pemilu agar dapat mengikuti kontestasi dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyampaikan harapannya bahwa kantor yang nyaman dan representatif ini akan mampu mendukung kondusifitas yang baik. Selain itu kata dia, kantor yang bagus juga akan mampu menjaga integritas KPU dengan baik.

“Kami berharap agar KPU semakin mampu menunjukkan kewibawaan dan profesionalisme dalam bekerja. Dengan demikian, kami dapat menjaga kondusifitas yang baik di Kota Palu,” ucap Hadianto.

“Saya dan masyarakat Kota Palu berharap agar situasi yang kondusif saat ini benar-benar dapat terjaga. Kami sangat berharap KPU dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tuturnya.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid menyampaikan bahwa sejak tahun 2018, kantor KPU telah dihibahkan oleh Pemerintah Kota Palu.

Pada tahun 2022, status kepemilikan kantor tersebut resmi diberikan kepada KPU Kota Palu. Pembangunan kantor ini dilakukan pada Juli 2022 oleh Pemerintah Kota Palu. Pembangunan kantor KPU ini merupakan komitmen dari Wali Kota Palu setelah resmi menjabat.

“Komitmen tersebut diucapkan oleh Wali Kota Hadianto Rasyid karena dia memandang KPU sebagai lembaga yang melahirkan pemimpin. Hal ini merupakan bagian dari demokrasi, sehingga pada saat itu beliau menyatakan akan membantu membangun kantor KPU ini,” ujar Agussalim. ***

Editor: Riky

Berita terkait