Wapres Bersyukur MK Putuskan Sistem Terbuka

  • Whatsapp
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok. Setwapres)

Samarkand,- Wakil Presiden Ma’ruf Amin merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem Pemilu yang telah diputuskan tetap proporsional terbuka. Ia menilai putusan itu sudah tepat.

“Saya kira itu pasti, artinya tidak mengubah ya. Dan itu kan yang banyak saya baca di koran dikehendaki masyarakat dan juga partai partai peserta pemilu juga ingin terbuka,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan di Samarkand, Uzbekistan, Jumat (16/6/2023).

Ma’ruf menyebut keputusan MK tentunya tidak akan menimbulkan reaksi. Dia menyampaikan Pemerintah tidak ingin ada gejolak saat pemilu digelar.

“Dengan diputuskan begitu maka ya tidak ada reaksi yang akan, yang diperkirakan tidak ada gejolak. Kalau saya bersyukur tentu sebab kita kan ingin tidak ada gejolak dalam menghadapi Pemilu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf meyakini akan ada protes dari masyarakat seandainya MK memutuskan sebaliknya. Karena itu lah, dia bersyukur putusan MK menyatakan Pemilu 2024 terbuka.

“Andaikata diputuskan yang lain mungkin akan ada protes, ada gejolak. Saya kira itu menambah keadaan yang lebih kondusif lah menghadapi pemilu yang akan datang,” ujarnya.

Berita terkait